04 Apr 2024

Tim Disbun Sulbar Monitoring dan Evaluasi Lima Perusahaan Sawit di Mateng dan Pasangkayu

 

Mateng-Pasangkayu--Dinas Perkebunan (Disbun) Sulawesi Barat (Sulbar) menurunkan tim monitoring dan evaluasi ke lima perusahaan sawit yang berada di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) dan Kabupaten Pasangkayu, pada 27-28 Maret 2024.

 

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Disbun Sulbar, Hermanto mengatakan, kelima perusahaan itu masing - masing PT. Surya Raya Lestari 2, PT. Trinity, PT. Unggul, PT. Pasangkayu dan PT. Letawa.

 

"Tujuan tim turun ke lapangan sehubungan dengan monitoring dan evaluasi tim penetapan harga tandan buah segar kelapa sawit milik pekebun yang dijual kepada kelima perusahaan tersebut," ungkapnya.

 

Saat peninjauan hari pertama ke lapangan tim mengadakan pertemuan di lokasi PT. Surya Raya Lestari 2, PT. Trinity, PT Unggul. Kemudian kegiatan monitoring dilanjutkan hari kedua di PT. Pasangkayu dan PT. Letawa.

 

Dari hasil monitoring dan evaluasi diperoleh data :

• PT. Surya Raya Lestari 2, harga TBS sebesar Rp. 2.350, diketahui dengan rendemen 17 persen, kapasitas pabrik sebesar 60 ton dengan olah kapasitas 1.500 ton/hari. 

• PT. Trinity, dengan harga TBS Rp. 2.380, dengan rendemen 16.85 persen. Kapasitas pabrik 45 ton/hari dengan olah kapasitas 500 ton/hari. 

• PT. Unggul dengan harga TBS sebesar Rp. 2.400, rendemen sebesar 18 persen. Kapasitas pabrik yang dimuat sebanyak 45 ton dengan olah kapasitas 500 ton/hari.

• PT. Pasangkayu dengan harga TBS Rp. 2.250, dengan rendemen 17 persen. Kapasitas pabrik yang dimuat sebanyak 60 ton dengan olah kapasitas 250 ton/hari.

• PT. Letawa dengan harga TBS Rp. 2.250, dengan rendemen sebesar 17 persen. Kapasitas pabrik yang dimuat sebanyak 60 ton dengan olah kapasitas 250 ton/hari.

 

Seperti diketahui bahwa CPO sangat mempengaruhi harga beli TBS oleh pabrik, semakin tinggi kualitas CPO yang dihasilkan maka Indeks "K" semakin menurun sehingga harga beli TBS oleh Pabrik juga menurun.

 

Penulis : Disbun Sulbar

Editor : humassulbar

Read 666 times
(0 votes)