16 Mar 2024

DKP Sulbar Terima Kunjungan Kerja BRIN

 

Mamuju -- Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulawesi Barat (Sulbar) Oktorio Abraham beserta sejumlah Pejabat Eselon III/IVdan staf menerima kunjungan kerja dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang dipimpin Prof. Fadli Syamsudin, Kamis (14/03/2024). 

 

Kegiatan sehari ini turut dihadiri salah satu kelompok POKMASWAS (Kelompok Masyarakat Pengawas) yang berdomisili di Batu Meccoko Lebani, Mamuju. 

 

Pertemuan yang berlangsung di Aula DKP Sulbar ini, dilaksanakan dalam rangka menelusuri permasalahan - permasalahan yang seringkali dihadapi POKMASWAS Perikanan yang ada di Sulbar. Informasi diperoleh langsung dari aparat ASN DKP serta dilengkapi informasi dari masyarakat saat berkunjung ke lapangan, dengan media kuesioner yang disebar oleh tim yang diketuai mantan Kepala DKP Sulbar ini.

 

Dari permasalahan tersebut, BRIN akan melakukan kajian sebagai role model PSDKP. Untuk itu DKP Sulbar akan jadi lokus kajian pilot proyek Pengawasan SDKP dengan melibatkan masyarakat dalam pengawasan dan mengambil sampel POKMASWAS Batu Meccoko Lebani, Mamuju dan beberapa POKMASWAS yang ada di Pasangkayu.

 

Sebagai langkah awal, BRIN akan melalukan kajian selama empat hari di Sulbar dengan metode kuesionering, kajian role model Pengawasan SDKP. Kajian ini diperkiraan pada Mei tahun ini, BRIN akan melaksanakan FGD dan Audience dengan Pj. Gubernur Sulbar.

 

Senada dengan hal di atas, Kepala DKP Sulbar, Suyuti Marzuki memberikan keterangan bahwa penguatan POKMASWAS oleh DKP Sulbar kembali digalakkan tahun depan, dengan proposal yang telah diusulkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan oleh Bidang PSDKP.

 

"Tentu kami akan memberi perhatian khusus pada program yang mengarah ke kegiatan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan, lewat proposal yang telah kami bawa ke Kementerian Kelautan dan Perikanan," terang Suyuti, saat dihubungi media.

 

Penulis : humasDKP

Editor : humassulbar

Read 180 times
(0 votes)