08 Mar 2024

Tingkatkan Kesiapsiagaan, Bidang Kedaruratan dan Logistik Cek Kesiapan Kendaraan Operasional Penanggulangan Bencana

 

Mamuju--Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat (Sulbar), melakukan pengecekan kesiapan kendaraan operasional penanggulangan bencana di Kantor BPBD Sulbar, Rabu 6 Maret 2024.

 

Pengecekan dilakukan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan peralatan maupun kendaraan guna menghadapi musim hujan dengan merujuk pada Peringatan Dini Curah Hujan Tinggi Dasarian I Maret 2024 (tanggal 1 s.d 10) oleh BMKG Sulbar, yang menyebutkan bahwa secara akumulasi dasarian tidak ada potensi curah hujan tinggi, namun terdapat potensi curah hujan sedang hingga lebat harian.

 

Sehubungan dengan informasi peringatan tersebut, pengecekan kesiapan kendaraan operasional menjadi salah satu langkah kesiapsiagaan, kewaspadaan dan pertimbangan untuk melakukan langkah mitigasi dampak ikutan dari kondisi tersebut.

 

Pengecekan kendaraan operasional penanggulangan bencana yang dilakukan Bidang Kedaruratan dan Logistik dihadiri Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda Syafaruddin, Penalaah Teknis Kebijakan Syahrang dan para driver penanggungjawab kendaraan operasional tersebut.

 

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sulbar, Arnidah mengatakan, pengecekan kendaraan dilakukan satu per satu, untuk memastikan apakah kendaraan yang dimiliki BNPB untuk menjalankan tugas kedaruratan bencana dapat berfungsi dengan baik. 

 

"Kendaraan pertama yang diamati ialah ambulance, kemudian truck serbaguna, mobil komunikasi, mobil dapur umum, mobil toilet dan mobil water treatmen," beber Arnidah. 

 

Pengecekan kendaraan operasional ini menegaskan langkah BPBD Sulbar siap memberikan dukungan terkait dengan peralatan maupun logistik kebencanaan. (rls)

Read 260 times
(0 votes)