07 Mar 2024

BPBD Sulbar Terima Kunjungan Universitas Tadulako

 

Mamuju--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menerima kunjungan perwakilan Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) Fakultas Tehnik, Jurusan Tehnik Arsitektur, Rabu (6/3/2024).

 

Adapun perwakilan Universitas Tadulako yakni Hamka dan Fajar. Kunjungannya diterima langsung Sekretaris BPBD Sulbar Muhammad Yasir Fattah dan Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Sulbar, Husain.

 

Sekretaris BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah menyampaikan BPBD menyambut baik dan berterima kasih atas kunjungan Universitas Tadulako tersebut.

 

“Kunjungan Universitas Tadulako ini untuk membangun kerja sama dengan BPBD Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene sebagai penerima dana stimulan tahap II dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam pembangunan kembali rumah masyarakat khususnya yang mengalami rusak berat waktu gempa 6,2 Magnitudo melanda Sulbar,” tutur Yasir Fattah.

 

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Sulbar, Husain menyatakan siap memfasilitasi dan membantu Universitas Tadulako untuk mempertemukan ke penerima dana stimulan tahap II yaitu BPBD Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju.

 

“Dokumen penerima bantuan gempa tahap II sudah dirampungkan di tingkat pusat. Saat ini administrasi (data penerima) sudah proses telaah di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Pusat dan sudah disetujui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK),” beber Husain.

 

Sementara, Perwakilan Universitas Tadulako, Hamka mengatakan, kedatangannya ingin menawarkan model perbaikan rumah terdampak gempa. Pedoman teknis ini mencakup dasar-dasar perencanaan dan pelaksanaan serta metode perbaikan kerusakan bangunan untuk gedung dan rumah tinggal di wilayah gempa. 

 

“Pedoman ini meliputi denah bangunan, tanah dasar, pondasi bangunan, badan bangunan dan kuda-kuda rangka atap. Pedoman teknis ini memfokuskan pada pendetailan struktur pada bangunan gedung dan rumah yang menggunakan bahan kayu, beton bertulang, pasangan bata dan bahan baja," terangnya. (rls)

Read 167 times
(0 votes)