29 Feb 2024

Dukung Pembangunan Program Perkebunan, Disbun Sulbar Evaluasi Kebun Sumber Benih Kakao di Desa Batu Panga Da’ala

 

POLMAN--Pengawas Benih Tanaman Dinas Perkebunan Sulawesi Barat (Disbun Sulbar) bersama Tim Evaluasi terdiri dari Pengawas Benih Tanaman Direktorat Jenderal Perkebunan Dina Fitriah dan Imasriani, melakukan evaluasi kebun sumber benih batang atas (entres) di Desa Batu Panga Da’ala, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Senin 26 Februari 2023.

 

Dalam evaluasi tersebut juga melibatkan Pemulia Tanaman dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember Bayu Setiawan.

 

Evaluasi kelayakan kebun sumber benih kakao batang atas (entres) dalam rangka mendukung pembangunan program perkebunan. Maka perlu dilakukan pengawasan sumber benih menuju evaluasi kelayakan kebun sumber kakao batang atas (entres), yang bertujuan untuk mengatasi potensi ketersediaan entres kakao di wilayah Sulbar.

 

Kebun entres kakao adalah kebun yang dibangun khusus untuk diambil entresnya yang akan digunakan sebagai batang atas dalam perbanyakan tanaman kakao, dengan cara okulasi (sambung pucuk). Sulbar telah memiliki kebun sumber entres yang letaknya tersebar di beberapa kabupaten, salah satunya berada di UPTD Balai Perbenihan dan Perlindungan Disbun Sulbar di Desa Batu Panga Da’ala, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polman.

 

Kebun entres kakao di Sulbar telah ditetapkan sebagai sumber benih sesuai Keputusan Menteri Pertanian RI Nomor 52/Kpts/KB, 020/3/2019 Tahun 2019 sehingga perlu dilakukan pengawasan sumber benih, evaluasi kelayakan kebun entres kakao.

 

Kepala Bidang Perbenihan dan Produksi Disbun Sulbar Muliadi menyampaikan, tujuan evaluasi itu adalah untuk melihat kelayakan sumber entres dilihat dari aspek yakni kondisi kebun, kondisi tanaman, kemurnian genetik, kesehatan tanaman, jumlah populasi tanaman sesuai penetapan, jumlah tanaman produktif, taksasi produksi entres pertahun

 

"Diharapkan produksi entres kakao nantinya dapat memenuhi kebutuhan entres sebagai bahan perbanyakan tanaman dalam menghasilkan benih kakao bermutu," ujarnya. (rls)

Read 263 times
(0 votes)