26 Feb 2024

Rakortekrenbangnas 2024, Kemendagri Dorong Daerah untuk Usung Program Prioritas

 

MAMUJU--Untuk memperkuat sinergitas program kegiatan pusat dan daerah, Dinas Perkebunan Sulawesi Barat (Sulbar) dalam hal ini Sekretaris Dinas Andi Sitti Kamalia, menghadiri Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Nasional (Rakortekrenbangnas) 2024 di Hotel Vasa Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Senin 26 Februari 2024.

 

Rakortekrenbangnas bertajuk “Mendorong Transformasi Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Emas 2045”. Kegiatan ini akan berlangsung hingga 7 Maret 2024. 

 

Kegiatan ini juga dihadiri Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang diwakili Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Plt. Gubernur Jatim, BPJS Ketenagakerjaan dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Se-Indonesia.

 

Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro mengatakan, Rakortekrenbangnas itu merumuskan kesepakatan bersama tentang program, kegiatan, dan proyek prioritas untuk mengatasi masalah daerah, mengembangkan potensi daerah sekaligus mendukung capaian target pembangunan nasional agar membawa manfaat nyata bagi kesejahteraan masyarakat, kemajuan daerah, juga mendukung capaian tujuan nasional.

 

Kemendagri mendorong daerah untuk mengusung program prioritas yang sejalan dengan tema yaitu :

1. Perencanaan yang berintegritas dan memuliakan efisiensi. 

2. Pembangunan berorientasi hasil.

3. Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk kemandirian fiskal. 

4. Mewujudkan pemerintahan yang ramah investasi. 

5. Pendidikan dan Kesehatan menjadi jalan menuju kesejahteraan. 

6. Mengoptimalkan pelayanan publik untuk mewujudkan keadilan.  

 

"Dengan pengembangan masing-masing wilayah di Indonesia, terutama sebagai mitigasi kontraksi pertumbuhan ekonomi, transformasi sosial ekonomi, optimalisasi keunggulan kompetitif daerah, hingga pemerataan pembangunan juga sangat penting," ucap Suhajar Diantoro.

 

Peserta yang hadir juga didampingi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis dari setiap provinsi. Acara ini terbagi dalam tiga desk yaitu desk kewilayahan, desk urusan, dan desk makro. (rls)

Read 675 times
(0 votes)