08 Feb 2024

Kepala Dinas ESDM Sulbar Terima Kunjungan TIM Survei PT. TGS, Cari Cadangan Migas Baru

 

MAMUJU--Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Mohammad Ali Chandra didampingi Sekretaris Dinas ESDM Sulbar Iwan Nugraha, menerima kunjungan Tim Survei PT. Teknology Geophysical Service (TGS), Selasa 6 Februari 2024.

 

Tim Survei PT. TGS bekerjasama Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM, berencana melakukan survei umum seismik laut 2D di lepas Pantai Sulbar.

 

Kepala Dinas ESDM Sulbar, Mohammad Ali Chandra mengatakan, kehadiran PT. TGS di Sulbar suatu hal yang patut disyukuri.

 

"Kita semua berharap ada kabar baik dari hasil survei dengan penemuan cadangan migas baru di lepas Pantai Sulbar," ucap Ali Chandra. 

 

Kepala Dinas ESDM Sulbar mengingatkan Tim Survei PT. TGS untuk tetap berkoordinasi dengan instansi terkait baik di provinsi maupun kabupaten pada setiap tahapan kegiatan survei.

 

"Koordinasi harus terus dilakukan, sebab tidak dipungkiri dalam kegiatan survei seismik tersebut ada potensi bersinggungan dengan masyarakat, yang akan mendapatkan dampak langsung saat dilaksanakan kegiatan itu," tegas Ali Chandra. 

 

Sementara, Public Relation PT. TGS, Hidayatollah menyampaikan, tujuan survei umum seismik yaitu dalam rangka mempercepat penemuan cadangan-cadangan migas baru untuk menambah daya tarik investor sektor hulu migas di Sulbar. 

 

"Seperti diketahui survei seismik, rangkaian awal dalam kegiatan industri migas. Hal ini sangat penting dikarenakan keberhasilannya akan menentukan kegiatan selanjutnya. Selain itu, hasil dari pemetaan bawah tanah ini bisa saja menjadi awal dibuatnya sumur minyak produksi," kata Hidayatollah.

 

Hidayatollah menjelaskan, sebelum melakukan survei yang direncanakan pada awal Maret 2024, PT. TGS akan melakukan sosialisasi di Mamuju dengan mengundang pemerintah kabupaten yang akan dilintasi kapal survei, yaitu Kabupaten Polman, Majene, Mamuju, Mamuju Tengah dan Pasangkayu.

 

Selain sosialisasi di tingkat provinsi, PT. TGS juga akan melaksanakan sosialisasi di tingkat kabupaten yang akan mengikuti sertakan masyarakat yang berpotensi terkena dampak kegiatan survei tersebut.

 

"Diperkirakan survey akan berakhir pada Desember 2024," ujarnya. (rls)

Read 342 times
(1 Vote)