07 Feb 2024

Kepala Bapperida Sulbar Sampaikan Empat Tahapan Arah Kebijakan Pengembangan SDM

 

MAMUJU--Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Junda Maulana menyampaikan empat tahapan arah kebijakan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Sulbar Tahun 2025 – 2045 di Gedung Grha Sandeq, Selasa (6/2/2024).

 

“Tahapan arah kebijakan pengembangan SDM dalam RPJPD Provinsi Sulbar tergambar dalam empat periode, dimana pada misi 1 mewujudkan keadilan sosial dengan empat tahapan arah kebijakan”, kata Junda Maulana, Kepala Bapperida Sulbar pada Focus Group Discussion (FGD) Tematik RPJPD Tahun 2025 – 2045 yang mengangkat tema "Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Mewujudkan Sulawesi Barat Yang Unggul Dan Berdaya Saing".

 

Dalam paparannya, Ia menjelaskan empat tahapan yang dimaksud, antara lain :

1. Tahun 2025-2029, pembangunan difokuskan pada pemenuhan pelayanan dasar kesehatan, pendidikan dan perlindungan sosial.

2. Tahun 2030-2034, difokuskan percepatan pembangunan SDM yang berdaya saing.

3. Tahun 2035-2039, difokuskan untuk penguatan daya saing SDM.

4. Tahun 2040-2045, difokuskan untuk manusia yang unggul dan sejahtera.

 

Kepala Bapperida Sulbar juga mengatakan, pencapaian indikator utama pembangunan SDM yang telah ditargetkan dalam RPJPD 2025 – 2045 membutuhkan analisis mendalam dari para ahli dan seluruh stakeholder.

 

“Analisis yang komprehensif akan membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan yang tepat untuk mencapai tujuan pembangunan di daerah. Olehnya itu, kami mohon masukan dan saran nantinya dari seluruh narasumber, dan stakeholder terkait, sehingga dokumen RPJPD Sulbar Tahun 2025-2045 dapat menjadi rujukan dari seluruh pihak untuk pelaksanaan pembangunan 20 tahun kedepan," tambahnya.

 

Sesuai dengan tujuannya, pelaksanaan FGD Tematik RPJPD 2025 – 2045 ini untuk menjaring masukan dan rekomendasi dari para ahli dan pemangku kepentingan. Sebelumnya, hal ini telah disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Bidang Riset dan Inovasi Daerah, Muh. Saleh dalam laporannya sebagai Ketua Panitia.

 

“Kegiatan Focus Group Discussion ini diharapkan dapat memberikan rumusan rekomendasi penguatan kebijakan SDM dalam Rancangan RPJPD Tahun 2025-2045,” sebutnya.

 

Diikuti berbagai para pemangku kepentingan terkait pembangunan SDM Sulbar secara luring dan daring, kegiatan ini juga melibatkan berbagai ahli di bidang pendidikan, kesehatan serta pelayanan publik sebagai narasumber. (rls)

Read 304 times
(0 votes)