25 Jan 2024

Dinas Perkebunan Sulbar-PT. Mars Akan Kolaborasi dalam Program Cocoa Sustainable

 

MAMUJU--Kepala Dinas Perkebunan Sulawesi Barat (Sulbar) Herdin Ismail menerima Audiensi Supervisor PT. Mars Erwin Yuniarso bersama rombongan, di Ruang Rapat Dinas Perkebunan Sulbar, Kamis 25 Januari 2024.

 

Audiensi terkait dengan Program Cocoa Sustainable yang akan di plot di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) pada tahun ini. 

 

Tujuan dari audiensi tersebut dalam rangka membuat perjanjian kerja sama dalam waktu dekat. Dalam melaksanakan Program Cocoa Sustainable ini akan dikolaborasikan bersama Dinas Perkebunan Sulbar.

 

Kepala Dinas Perkebunan Sulbar, Herdin Ismail menyambut baik program yang ditawarkan PT. Mars dalam upaya memberikan pemahaman serta edukasi manfaat kepada masyarakat pekebun kakao, bahwa begitu besar potensi perkebunan kakao di Sulbar jika dapat dikembangkan secara optimal. 

 

PT. MARS berbagi hasil awal dari upayanya untuk mengurutkan genom kakao guna membantu mengembangkan varietas kakao yang memberi hasil lebih besar, lebih kuat, dan tahan terhadap kekeringan dan penyakit, yang akan membantu petani kakao mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

 

Adapun beberapa tantangan yang menjadi kendala menurunnya produksi kakao, seperti alih fungsi lahan, kebijakan pemerintah daerah, kolaborasi sinergitas, serta pola pikir masyarakat pekebun kakao.

 

Supervisor PT. Mars, Erwin Yuniarso mengatakan, perumusan peta jalan pengembangan kakao berkelanjutan adalah bukti komitmen dari para pihak di sektor kakao dalam meningkatan taraf hidup petani kakao rakyat melalui peningkatan kapasitas maksimal panen petani. 

 

"Juga sebagai wadah kemitraan di tingkat nasional berupaya maksimal dalam menggalang kerja sama para pihak dalam mencapai tujuan tersebut," ucapnya.

 

Kunjungan dan diskusi tersebut diharapkan mampu menghasilkan sebuah fondasi kerja sama antar pihak dalam mengembangkan sebuah peta jalan yang bisa diterapkan bersama dengan melibatkan sektor publik, industri, lembaga penelitian, asosiasi kakao, dan juga pekebun kakao rakyat. (rls)

Read 346 times
(0 votes)