06 Sep 2022

Wakil Presiden Siap Sambut Peserta Festival Sandeq

 

KALTIM -- Sebanyak 33 Perahu Sandeq sandar di Pulau Salissingan. Besok melanjutkan perjalanan menuju Pantai Manggar Kalimantan Timur. 

 

Hal itu disampaikan Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik berdasarkan informasi yang diperoleh dari tim panitia Festival Sandeq yang sudah tiba di Salissingan, Selasa 6 September. 

 

Sebenarnya, ada 35 perahu sandeq beserta perahu pattonda (perahu pendamping) berangkat dari etape Tanjung Silopo sejak 31 Agustus. Namun saat transit dari Mamuju ke Pulau Ambo, para peserta menghadapi badai yang menyebabkan satu perahu. 

 

"Badai cukup besar sehingga satu perahu rusak parah sehingga harus balik ke Mamuju. Sedangkan 33 perahu sandeq dan pattonda lainnya lanjut ke Pulau Salissingan," ujar Akmal, Selasa 6 September. 

 

Rencananya, para passandeq beristirahat satu malam di Pulau Salissingan dan akan melanjutkan rute berlayar ke Pantai Manggar, 7 September. Diperkirakan akan tiba saat siang dan akan dilakukan acara penyambutan di Pantai Manggar. 

 

Untuk itu Akmal Malik melakukan peninjauan lokasi yang direncanakan menyambut Passandeq, baik di Pantai Manggar maupun lokasi untuk acara penyambutan 9 September di Pantai Balikpapan Superblock. 

Acara di Pantai Manggar 7 September dilakukan seserahan oleh Pj Gubernur Sulbar bersama enam bupati se -Sulbar kepada Walikota Balikpapan dan Gubernur Kaltim. 

 

Sementara pada acara 9 September seserahan dilakukan oleh lima provinsi mewakili Pulau Jawa, Papua, Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera kepada Wakil Presiden RI K. H. Ma'ruf Amin. 

 

"Kami sudah konfirmasi, Wakil presiden akan hadir, dan kami juga melaksanakan profesi pada tari karya seni budaya dan sekaligus juga penyerahan simbol dukungan kepada Presiden sebagai simbol 33 provinsi di Indonesia mendukung percepatan pembangunan IKN," ujar Akmal Malik (rls)

Read 529 times Last modified on Selasa, 06 September 2022 20:49
(0 votes)