24 Feb 2022

Enny: Sinergi, Inovasi dan Digitalisasi Kunci Keberhasilan UMKM

 

Wagub Sulbar, Enny Anggraeni Anwar membuka Opening Ceremony Sandeq UMKM Expo di Ballroom Grand d'Maleo Hotel, Kamis, 24 Februari 2022

 

Wagub Sulbar, Enny Anggraeni Anwar yang hadir secara virtual menyampaikan, kunci keberhasilan UMKM untuk bisa naik kelas adalah melalui sinergi, inovasi dan digitalisasi. "UMKM yang naik kelas dapat menjadi salah satu tulang punggung dalam pemulihan ekonomi nasional khususnya di Sulawesi Barat," kata Enny

Enny juga mengatakan, perlu melakukan sinergi dengan seluruh stakeholder, dari sisi pendampingan dan pembinaan. 

UMKM dapat bersinergi dengan pemerintah daerah di tingkat provinsi atau kabupaten, dengan Bank Indonesia atau instansi lain. Dari sisi pemasaran, UMKM dapat bersinergi dengan off taker yang mampu menjadi pembeli untuk produk-produk yang dijual.

"Persaingan akan semakin ketat apalagi di era digital, dimana semua mendapatkan peluang lebih luas. Untuk itu, Sulbar tidak boleh diam di tempat. UMKM Sulbar harus bisa inovatif dan bersaing dengan produk-produk lain, serta dapat membuat sebuh trend baru di masyarakat.

"Saya yakin UMKM Sulbar mampu membuat gebrakan baru dan mengambil peluang." tutur Enny

Melalui acara expo 2022 ini Enny juga menyampaikan apresiasinya atas inisiatif bank Indonesia untuk menggelar semangat akselerasi dan digitalisasi ekonomi kreatif dan UMKM. Sandeq UMKM Expo 2022 sebagai rangkaian gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan wisata Indonesia (Gernas BBI/BWI) bulan februari.

 Enny berharap perwakilan OPD terkait, baik dari provinsi maupun kabupaten dapat benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk dapat menjadi bekal dalam pengembangan Sulawesi barat menjadi lebih baik.

(Ayu)

Read 935 times
(0 votes)