10 Jul 2018

Gubernur Hadiri Pengukuhan APPSI

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar bersama Gubernur se Indonesia menghadiri Pengukuhan Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Hotel Borobudur Jakarta, Senin, 2 Juli 2018. Pada pengukuhan Dewan Pengurus APPSI yang dilakukan oleh Mendagri , Tjahjo Kumolo, Gubernur Jawa Timur. DR. H Soekarwo dikukuhkan sebagai Ketua Umum menggantikan DR. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si. Sementara Gubernur Sulbar, Ds. H. Ali Baal Ali Baal Masdar, Msi masuk dalam jajaran Dewan Pertimbangan APPSI bersama empat Gubernur lainnya, yaitu Gubernur D.I. Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H Erzaldi RosmanH. , SE, MM, Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, S.Sos, MH, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE.

Dalam pengkuhan tersebut, Mendagri Tjahjo Kumolo menyampaikan, APPSI sebagai wadah interaksi kepemimpinan pada tingkat nasional harus berkomitmen untuk membangun pemahaman yang sama dan tajam tentnag bagaimana potensi daerah yang menyebar di seluruh provinsi di Indonesia diarahkan untuk kemajuan dan kejayaan bangsa Indonesia dari generasi ke generasi.

“Kita semua memiliki harapan yang besar dengan pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia. Cita-cita kita bersama untuk menjadi negara yang maju dan bermartabat tidak akan tercapai jika hanya segelintir orang saja yang berkontribusi di dalamnya. Suksesnya pelaksanaan otonomi daerah juga sedikit banyak didukung oleh aktifnya kegiatan APSSI,”kata Tjahjo Kumolo.

Di akhir sambutannya, Mendagri menitipkan beberapa hal untuk menjadi perhatian para Gubernur selaku anggota dan Pengurus APPSI. Antara lain, pertama, agar menjamin terlaksananya pelaksanaan pemerintah daerah yang bersih dari KKN dan menghindari area-area rawan korupsi. Kedua, agar mendukung cipta kondisi stabilitas politik dalam negeri atas penyelenggaraan pembangunan daerah yang kondusif. Ketiga, agar Gubernur sebagai Ketua Forkopimda secara terus menerus melakukan koordinasi dengan aggota Forkopimda dalam rangka deteksi dini, pembinaan kerukunan, pengembangan kehidupan berdemokrasi dan upaya pencegahan serta penangangan konflik sosial di daerah. Keempat, menjamin sinergitas sasaran pokok pembangunan dan arah kebijakan pembangunan yang tertuang dalam RPJMN menjadi prioritas RPJMD terkait. Kelima,

 harmonisasi hubungan pusat-daerah dan atar daerah dalam rangka upaya pencapaian sasaran pokok pembangunan nasional. Keenam, penyesuaian alokasi anggaran pembangunan pusat dan daerah. Ketujuh, optimalisasi potensi dan keanekaragaman daerah. (kominfo)

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar bersama Gubernur se Indonesia saat menghadiri pertemuan pengukuhan Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Hotel Borobudur Jakarta, Senin, 2 Juli 2018

 
Read 684 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments