25 Apr 2024

Konsolidasi Pelaksanaan Program Pengembangan Lini Bisnis Bumdes Ternak Kambing 1.500 Ekor di Kawasan Transmigrasi Taramanu Tua

 

Mamuju—Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Syamsul Ma’rif, didampingi Kepala UPTD BPHMT dan IB, Nurdin beserta jajaran menerima kunjungan kerja Dinas Transmigrasi Sulbar, Bank Sulselbar, Dinas Transmigrasi Polewali Mandar (Polman) dan Kepala Desa serta Pengurus Bumdes Desa Taramanu Tua, Kecamatan Tutar, Kabupaten Polman di IPTU Kalukku, Kabupaten Mamuju, Rabu (24/04/2024).

 

Kunjungan kerja ini bertujuan untuk melakukan konsolidasi pelaksanaan Program Pengembangan Kawasan Transmigrasi Sulbar serta pengembangan lini bisnis Bumdes ternak kambing 1.500 ekor di Kawasan Transmigrasi Desa Taramanu Tua, Kecamatan Tutar, Kabupaten Polman.

 

Desa Taramanu Tua merupakan salah satu wilayah yang telah ditetapkan sebagai daerah pengembangan transmigrasi di Sulbar. Pola pengembangan kawasan transmigrasi di desa tersebut akan dilaksanakan dengan basis Peternakan. 

 

Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma’arif, pada kesempatan itu menyampaikan, pelaksanaan program itu diharapkan dapat membawa perubahan pada sistem pembinaan dan pengawasan kepada desa maupun pemerintah daerah melalui inovasi pendampingan tekhnis, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kelompok peternak penerima bantuan kegiatan Peningkatan Populasi Ternak Kambing nantinya.

 

Selain instansi pemerintah, Bank Sulselbar sebagai pihak Perbankan juga akan dilibatkan dalam kegiatan pengembangan lini bisnis Bumdes ternak kambing ini. Diharapakan dengan dilibatkannya pihak Perbankan, Bumdes akan mendapatkan kemudahan pembiayaan dalam pelaksaan lini usahanya. 

 

Bank Sulselbar yang diwakili Mutmainnah mengatakan, pihaknya sangat merespon baik kegiatan usaha yang dapat membangun ekonomi pedesaan. 

 

"Bumdes berperan besar dalam mendorong kemajuan usaha masyarakat desa hingga menciptakan peluang usaha dan lapangan pekerjaan serta dapat membantu meningkatkan pendapatan desa. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, hal ini bisa bergerak menjadi sumber kemajuan ekonomi desa” tuturnya.

 

Sementara itu, Kepala UPTD BPHMT dan IB Nurdin mengatakan, pihaknya siap untuk menjadi pendamping teknis dalam kegiatan pengembangan lini bisnis Bumdes tersebut. 

 

“Kami akan membentuk tim teknis yang nantinya akan mendampingi pengurus Bumdes Desa Taramanu Tua dalam pengembangan lini usaha peternakan ini. Pendampingan dapat kita mulai dari pembuatan perencanaan, pembuatan analisa usaha hingga ke pelaksanaan teknis usahanya,”ucapnya.

 

Kegiatan kunjungan kerja ini ditutup dengan melakukan Tour di Area Peterakan Kambing IPTU Kalukku. Spot yang dikunjungi seperti lahan hijauan makanan ternak, tempat pengolahan pakan, tempat pengolahan pupuk kandang serta kandang ternak. 

 

Kunjungan ini merupakan konsolidasi awal dari kolaborasi dalam rangka menyukseskan Pengembangan Kawasan Transmigrasi serta pengembangan lini bisnis Bumdes ternak kambing oleh Bumdes Desa Taramanu Tua. Harapan kedepannya adalah lebih intensifnya komunikasi para stakeholder agar kegatan ini dapat terlaksana dengan sukses sesuai dengan harapan bersama sehingga dapat meningkat kesejahteraan masyarakat di desa Taramanu Tua.

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 97 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments