19 Apr 2024

Sosialisasi Penginputan PLL melalui SIPD Tahun 2024 Lingkup Sulbar, Permudah Penyatuan Referensi dan Proses Perencanaan dan Keuangan Daerah

 

Mamuju-Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sulbar menggelar Sosialisasi Penginputan Pendapatan Lain-lain (PLL) melalui SIPD Tahun 2024 Lingkup Provinsi Sulbar bagi dan Para Kolektor OPD di Ruang Rapat Bidang Pendapatan Daerah BPKPD Sulbar, Rabu 17 April 2024.

 

Sosialisasi Penginputan PLL melalui SIPD Tahun 2024 dibuka secara resmi Kepala Bidang Pendapatan Daerah BPKPD Sulbar Nuruddin Rachman, dihadiri Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Muda, Syamsul Arifin,Tim IT BPKPD Aziz, Munawir.

 

Selama kegiatan berlangsung, para Kolektor OPD mendapatkan materi dari Tim IT BPKPD terkait proses penginputan PLL dengan SIPD RI. 

 

Sosialisasi Penginputan PLL melalui SIPD Tahun 2024 dilaksanakan agar dalam melakukan penyatuan referensi dan proses perencanaan dan keuangan daerah lebih mudah dilakukan secara sistem elektronik. 

 

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Pendapatan Daerah BPKPD Sulbar Nuruddin Rachman menghimbau seluruh OPD pengelola Pendapatan Lain-lain Asli Daerah yang Sah , untuk mengakselerasi penggunaan aplikasi SIPD dalam pelaporan keuangan yang lebih akuntabel secara tertib, efisien, efektif, transparan dan bertanggung jawab. 

 

“Tidak kalah penting adalah sinergi dan kerja sama yang baik antara BPKPD dan OPD,” pungkasnya.

 

Sementara, Kepala BPKPD Sulbar, Masriadi Nadi Atjo mengatakan, SIPD-RI merupakan aplikasi umum yang wajib dilaksanakan oleh semua pemerintah daerah di Indonesia. Sulbar telah menggunakan aplikasi ini sejak tahun 2022.

 

“Namun dalam perkembangannya, SIPD telah berubah secara signifikan dari yang lama ke aplikasi SIPD yang baru. Untuk itu mari kita selaku bagian dari pemerintah daerah wajib melaksanakannya,” ajak Masriadi.

 

Kepala Bidang Perencanaan Pendapatan dan Teknologi Informasi BPKPD Sulbar, Faika Kadriana Ishak menyampaikan, aplikasi SIPD-RI tahun 2024 itu, telah mengalami perkembangan dan dengan metode-metode penginputan yang baru. 

 

“Untuk itu, agar dapatnya Bapak/Ibu mengikuti kegiatan ini dengan baik, semangat dan apabila ada yang belum dimengerti segera ditanyakan kepada narasumbernya,” ucapnya.

 

Penulis : BPKPD Sulbar

Editor : humasulbar

Read 51 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments