13 Apr 2024

Pengelolaan Sampah Dengan Konsep Modern

Mamuju – Dinas Lingkungan Hidup Sulbar telah melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Majene terkait isu lingkungan yaitu tumpukan sampah yang ada di pasar sentral Majene yang menumpuk dan mengeluarkan aroma busuk dimana dari permasalahan tersebut sangat mengganggu aktifitas masyarakat.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulbar, Zulkifli Manggasali mengatakan, dari hasil koordinasi dengan Kadis DLH Majene Inindria, menyampaikan bahwa pada Kamis, 11 April 2024 telah melakukan pemantauan di lokasi pasar sentral Majene dan hari ini Jumat, 12 April 2024 akan dilakukan pembersihan oleh tim DLH Kabupaten Majene untuk pengangkutan sampah yang ada di lokasi Pasar Sentral Majene.

 

Kepala DLH Sulbar , Zulkifki juga berharap dengan dilakukannya penyuluhan serta pembinaan antar pedagang, masyarakat, dan pemerintah dengan adanya tahap pengelolaan sampah modern terdiri dari 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Pengelolaan dengan konsep 3R. Itu bertujuan untuk mengurangi sampah sejak dari sumbernya, mengurangi pencemaran lingkungan, memberikan manfaat kepada masyarakat, serta dapat mengubah prilaku masyarakat terhadap sampah, serta perlu adanya penambahan personal petugas kebersihan dan penambahan peralatan kebersihan serta dengan pembagian frekuensi pelayanan, pengumpulan dan penggunaan kendaraan pengangkutan sampah secara efektif dan efisien serta peningkatan pemeliharaan alat.

 

"Terkait permasalahan sampah, ini hanya bisa diatasi jika semua pihak dapat berperan aktif khususnya masyarakat.

Langkah konkret yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengurangan dan pemilahan sampah mulai dari skala rumah tangga, khususnya upaya dalam pengurangan sampah plastik,” ucapnya.

 

Kadis DLH Kabupaten Majene , Inindria mengatakan, bahwa dalam melakukan pengangkutan sampah, mereka terkendala di waktu bersamaan dengan waktu libur lebaran dimana tim pengangkut sampah banyak yang sedang tidak berada di lokasi dan baru bisa di maksimalkan di dua hari setelah lebaran tepatnya di hari ini untuk pembersihannya.

 

Penulis : DLH

Editor : humassulbar

Read 72 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments