08 Apr 2024

Kepala Bapperida Dorong Percepatan Pelaksanaan IGA di Sulbar

 

Mamuju--Kepala Bapperida Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Junda Maulana dorong upaya percepatan pelaksanaan Innovative Government Award (IGA) di Sulbar. Itu disampaikan dalam rapat virtual bersama seluruh jajaran lingkup Bapperida Sulbar melalui aplikasi Zoom pada Minggu (7/4/2024).

 

Dalam arahannya, Kepala Bapperida Sulbar menekankan pentingnya Indeks Inovasi Daerah dan keikutsertaan dalam IGA sebagai salah satu indikator kinerja utama dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan inovatif. Hal tersebut sebagai tindak lanjut arahan Pj. Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

 

"IGA menjadi tolak ukur keberhasilan daerah dalam menciptakan pelayanan publik yang berkualitas dan berdaya saing. Untuk itu, agar segera dilakukan pentahapan rencana aksi pelaksanaan Inovasi Daerah yang perlu dilakukan secara kolaboratif dengan melibatkan seluruh OPD teknis lainnya sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Tentang Tim Inovasi Daerah Provinsi Sulawesi Barat.", kata Junda Maulana.

 

Sementara, Plt. Kepala Bidang Riset dan Inovasi Daerah Bapperida Sulbar, Muh. Saleh juga menyampaikan beberapa rencana aksi yang akan dilakukan dalam waktu dekat di Bulan April tahun 2024 untuk fasilitasi pelaksanaan IGA di Sulbar.

 

Beberapa hal tersebut antara lain:  

- Penjaringan Inovasi Daerah kepada seluruh OPD baik melalui program satu Eselon 3 satu Inovasi maupun inovasi yang dilakukan melalui proyek perubahan Diklat Kepemimpinan yang ada di OPD.

- Pelaksanaan Rapat Koordinasi, Sosialisasi kepada seluruh OPD yang akan melibatkan tim teknis dari BSKDN Kementerian Dalam Negeri, LAN dan Badan Riset dan Inovasi Nasional. 

- Pelaksanaan Bimbingan Teknis bagi Operator masing-masing OPD dalam melakukan penginputan Data Indeks Inovasi Daerah. 

- Melakukan coaching clinic pendampingan, pembinaan dan pengawalan terhadap OPD yang melakukan Inovasi agar memenuhi kriteria penilaian Indeks Inovasi Daerah.

 

Sebelumnya, berbagai rencana aksi tersebut juga telah dibahas dalam rapat internal Bidang Riset dan Inovasi Daerah Bapperida Sulbar sebagai upaya untuk melakukan percepatan Pelaksanaan Penilaian Indeks Inovasi Daerah dan keikut sertaan dalam IGA di Sulbar.

 

Penulis : Bapperida Sulbar 

Editor : humassulbar

Read 88 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments