29 Mar 2024

Gelar Rapat Internal Pengelolaan SPBE, Dinas Kominfopers Bahas Peningkatan Kualitas Digitalisasi Tata Kelola Pemprov Sulbar

 

Mamuju -- Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Sulbar menggelar Rapat Internal Pengelolaan SPBE, Kamis, 28 Maret 2024. Rapat membahas Peningkatan Kualitas Digitalisasi Tata Kelola Pemprov Sulbar.

Kepala dinas Kominfo Gelar Rapat Internal Pengelolaan SPBE, Dinas Kominfopers Bahas Peningkatan Kualitas Digitalisasi Tata Kelola Pemprov Sulbar

Rapat dipimpin Kepala Dinas Kominfopers, Mustari Mula , dihadiri oleh Sekretaris, para Kabid dan Staf teknis terkait SPBE di Sekretariat dan semua bidang.

 

Kepala Dinas Kominfopers , Mustari Mula mengatakan, tiga hal utama yang dibahas mendalam dalam rapat internal tersebut, antara lain : (1). penyelenggaraan tugas untuk memenuhi dan meningkatkan kematangan penerapan 47 indikator SPBE pemprov ditingkat Nasional, (2) revisi 25 indikator SPBE OPD 2024 dalam mengoptimalkan kualitas digitalisasi, dan (3) pembagian tugas tata kelola SPBE Dinas Kominfo untuk melaksanakan indikator SPBE OPD agar dapat menjaga performa organisasi sebagai leading sektor dan role model digitalisasi pemerintahan.

 

Kepala Bidang Aptika, Muh. Ridwan Djafar mengatakan, beberapa poin yang ditekankan kepala dinas antara lain:

 

1. Perlu terobosan dan inovasi metode kerja para personil Dinas Kominfo agar kualitas digitalisasi tata kelola pemerintahan secara makro provinsi dan mikro di setiap OPD dapat terus meningkat. Indeks SPBE Sulbar ditingkat nasional ditargetkan harus tercapai diatas 3.00 pada tahun 2024. Disisi lain, SPBE OPD juga mesti sukses dioptimalkan untuk proses transformasi digital disemua OPD mendukung integrasi sistem, termasuk dinas Kominfo sendiri.

 

2. Bangun kerjasama terpadu yang kolaboratif antar bidang karena tugas utama dan fungsi masing-masing yang saling terkait erat. Ini mesti terus dikuatkan untuk menopang kesuksesan program prioritas Pemprov Sulbar yang menjadi beban tanggungjawab Kominfo sebagai leading sektor sesuai arahan Bapak Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

 

3. Dinas Kominfo saat ini telah menjadi OPD yang sangat strategis di era digitalisasi dan kecepatan teknologi informasi, karena itu Kominfo harus mampu dan sukses sebagai fasilitator bagi kolektifitas SPBE pemprov, OPD lain maupun juga sebagai dirinya yang merupakan salah satu perangkat daerah sebagaimana arahan Bapak Sekretaris Daerah Dr. Muhammad Idris.

 

4. Perhatikan aspek manajemen yang harus dikelola terstruktur dan rapih karena SPBE tidak hanya proses digitalisasi semata. Pastikan aspek teknis juga dikerjakan berkualitas dan sistemik. Tunjuk PIC setiap tugas di bidang dan dalami secara cermat setiap tugas dengan koordinasi teknis antar PIC melalui bidang layanan e-Government/Aplkasi Informatika.

 

5. Kecepatan kerja juga sangat penting. Segera dimulai pekerjaan yang sudah ditugaskan, jangan ditunda, upayakan selesai berkualitas sebelum target waktu berakhir. Seluruh administrasi garap by sistem online, sehingga setiap proses sudah digital termasuk penggunaan TTE Srikandi. Arsip pekerjaan tersimpan virtual agar dapat diakses setiap PIC secara online, sehingga tidak perlu lagi berkas manual.

 

Penulis : kominfo

Editor : humassulbar

Read 109 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments