26 Mar 2024

BPBD Sulbar Gelar Rapat Persiapan Penanganan Bencana Secara Berkala

 

MAMUJU - Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam , BPBD Sulbar menggelar rapat persiapan yang berlangsung Senin, 25 Maret 2024 di Kantor BPBD Sulbar. Rapat tersebut sebagai tindak lanjut dari arahan Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh kepada BPBD untuk melakukan gladi penanganan bencana secara berkala khususnya penanganan gempa bumi.

Sekretaris BPBD Sulbar, 

 Muhammad Yasir mengatakan, kegiatan gladi ini penting dilakukan untuk melatih para relawan dan petugas penanggulangan bencana dalam menyikapi situasi darurat akibat gempa bumi.

"Pelaksanaan gladi ini perlu kita rencanakan dengan matang, baik dari segi waktu pelaksanaan, tempatnya di mana, siapa yang terlibat dan prasarana serta sarana pendukung yang akan digunakan," kata Yasir.

Ia juga mengungkapkan kegiatan gladi penanganan gempa mencakup berbagai simulasi situasi darurat, mulai dari evakuasi korban, penanganan luka-luka, pendirian posko darurat, hingga koordinasi antar instansi dalam penanggulangan bencana. 

"Para peserta dilatih untuk bekerja secara sinergis dan efisien dalam menghadapi berbagai skenario gempa bumi yang mungkin terjadi," ungkap Muhammad Yasir 

Diketahui, Sulbar merupakan daerah yang paling rawang mengalami bencana alam gempa, seperti yang terjadi 15 Januari 2021 , Sulbar dilanda gempa berkekuatan 6,2 magnitudo.

 

Penulis : BPBD

Editor : humassulbar

Read 101 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments