25 Mar 2024

Kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup, TP PKK Sulbar Launching Pengolahan Sampah Organik Terintegrasi

 

POLMAN -- Pj Ketua TP PKK Sulbar , Ny.Ninuk Triyanti Zudan hadir pada acara Launching pengolahan sampah Organik Terintegrasi yang berlangsung di Kantor Desa Batulaya Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar, Senin 25 Maret 2024.

 

Ninuk menyampaikan, sebagai mitra pemerintah dalam membantu mewujudkan Indonesia Bersih Sampah pada tahun 2025, Tim Penggerak PKK provinsi perlu melakukan langkah-langkah strategis melalui pembinaan kader PKK di kabupaten dalam pengelolaan sampah yang baik dan benar.

 

Dan melalui Pokja 3, yang salah satu fungsinya untuk mewujudkan rumah sehat dan layak huni, melakukan kegiatan peningkatan kapasitas kader dalam pengelolaan sampah rumah tangga untuk mewujudkan rumah sehat dan layak huni.

 

"Kegiatan ini merupakan penjabaran dari 10 Program Pokok PKK, yaitu Pangan, Sandang, serta Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga." ungkap Nunik

 

Nunik juga menuturkan, menurunnya peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, dapat dilihat dari komposisi sampah yang dihasilkan di Provinsi Sulawesi Barat sebagian besar merupakan sampah organik yang mudah membusuk dan mengalami biodegradasi.

 

Sampah kota seperti yang sudah banyak dibahas, di katakan Nunik, memang mempunyai potensi untuk di daur ulang baik sebagai produk asli ataupun produk lain yang masih mempunyai nilai ekonomis. 

 

Untuk itu lanjut Ninuk, sarana dan prasarana program 3R perlu dipersiapkan, pada saat ini sampah dari rumah tangga atau bangunan-bangunan lainnya dicampur menjadi satu, untuk program 3R yang terpenting adalah pemilahan sampah dari sumbernya.

 

"Tujuan kegiatan kita pada hari ini adalah untuk penanganan pengelolaan sampah di rumah tangga agar terwujudnya rumah sehat dan layak huni" bebernya. (rls)

Read 96 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments