22 Feb 2024

Kepala Dinas TPHP Sambut Baik Rencana Kerja Sama PT. PKT dengan Pemprov Sulbar

 

MAMUJU–Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menerima kunjungan kerja PT. Pupuk Kalimantan Timur (PKT), Rabu, 21 Februari 2024. 

 

Kunjungan ini diterima langsung Kepala Dinas TPHP Sulbar Syamsul Ma’rif, didampingi Sekretaris Dinas TPHP Sulbar drh. Agus Rauf serta staf yang menangani pupuk dan pestisida Dinas TPHP Sulbar. 

 

Koordinator Penjualan Pupuk Kaltim Wilayah Sulawesi, Muhammad Yusuf mengatakan, melalui kunjungan itu pihaknya menawarkan kerja sama dengan Dinas TPHP untuk mendapatkan akses pembiayaan pupuk non subsidi dari Perbankan, sebagai wujud pelaksanaan program peningkatan produksi pertanian. 

 

Dalam kesempatan tersebut, Wakil PT. PKT juga menyampaikan kesiapan untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas TPHP di lapangan serta menyediakan aktivator pupuk organik apabila ada kebutuhan dari dinas atau petani.

 

Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma’rif memberikan apresiasi yang sangat besar dan menyambut baik keinginan kerja sama yang ditawarkan oleh PT. PKT serta menawarkan usulan program replanting tanaman jagung di lahan sawit di Kabupaten Pasangkayu, dimana terdapat potensi lahan 200 Ha yang siap untuk ditanami bibit jagung.

 

Syamsul Ma’rif mengatakan, apabila usulan program replanting tanaman jagung tersebut dapat disepakati, maka Dinas TPHP akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan PPL yang di wilayah Kabupaten Pasangkayu untuk melakukan identifikasi calon petani dan lokasinya (CPCL).

 

Menanggapi usulan Kepala Dinas TPHP Sulbar tersebut, PT. PKT menyatakan akan mematangkan kembali rencana kerja yang mereka tawarkan dan akan melakukan koordinasi dengan pihak Perbankan. 

 

“Kami sangat terbuka untuk segala bentuk kerja sama dengan pihak Dinas TPHP. PT. PKT bertekad akan terus berperan sebagai agen pembangunan melalui kontribusi aktif sesuai amanat pemerintah, sehingga manfaat PT. PKT dirasakan oleh seluruh masyarakat di wilayah distribusi PT. PKT,” tambahnya.

 

Di akhir pertemuan, Syamsul Ma’rif mengusulkan, untuk lebih memudahkan koordinasi antara produsen, distributor dan Dinas TPHP sebaiknya dibuatkan sebuah wadah melalui media sosial whatsapp, bukan hanya PT. PKT, tetapi juga produsen pupuk lainnya untuk wilayah penyaluran Sulbar. Dengan demikian diharapkan tercipta komunikasi yang intensif dan berkelanjutan, sehingga tercipta sinergitas dan harmonisasi antaran produsen dan dinas. (rls)

Read 124 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments