11 Feb 2024

Inilah Sekolah Dengan Toilet Terbersih di Sulbar Edisi Januari 2024

 

MAMUJU - Program Pemprov Sulbar untuk mewujudkan toilet bersih di semua tempat fasilitas publik terus bergulir. Ide program toilet bersih dari PJ Gubernur Sulbar Prof Zudan yang mendapatkan inspirasinya dari Mendagri Profesor Tito Karnavian sudah ditindaklanjuti oleh Tim Satgas.

 

Tim satgas Program Toilet Bersih pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulawesi Barat, telah memberikan penilaian terhadap semua tingkatan sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SLB, SMA dan SMK yang tersebar di enam kabupaten di daerah itu 

 

Tim Satgas Program Toilet Bersih pada Disdikbud Provinsi Sulbar bekerjasama Disdikpora kabupaten dan UPTD wilayah yang ada di Sulbar. 

 

Dari ratusan sekolah yang ada di Sulbar pada semua level jenjang pendidikan, maka terdapat 36 sekolah yang ada di Sulbar meraih predikat sekolah sehat dan nantinya mendapatkan penghargaan dari Pj gubernur Sulawesi Barat untuk edisi Januari 2024.

 

Program Toilet Bersih sekolah ini menindaklanjuti arahan Pj.Gubernur Sulawesi barat untuk percepatan program toilet bersih dan sehat (tolsih) pada Fasilitas pemerintah (perkantoran) termasuk sekolah,Fasyankes dan fasilitas publik lainnya.

 

Penilaian tentunya merujuk pada kriteria tolsih yang menjadi kesepakatan antara Dinas Kesehatan dan Dinas pendidikan dan kebudayaan Sulbar berdasarkan Permendiknas nomor 24 tahun 2007 dan permenkes no.2 tahun 2023. 

 

"Alhamdulillah, tim Satgas Program Toilet Bersih yang dibentuk telah merampungkan hasil penilaian pada semua jenjang pendidikan di Sulbar. Terdapat 36 sekolah di Sulbar yang dinyatakan memenuhi kriteria sekolah sehat dan nantinya akan kembali dilakukan penilaian secara berkala," kata Kepala Disdikbud Provinsi Sulbar, Dr.H.Mithhar Thala Ali di Majene, Minggu, 11/2/2024.

 

Karena itu kata Mithhar, dari 36 sekolah yang berhasil mendapatkan penilaian terbaik ini maka Pj Gubernur Sulawesi Barat, Prof Zudan Arif Fakhrolla memberikan reward berupa piagam penghargaan. 

 

"Selain penghargaan dari Pj gubernur Sulbar, kami dari Disdikbud Provinsi Sulbar juga akan memberikan perhatian lebih terhadap sekolah yang telah berhasil mendapatkan penilaian terbaik ini. Kita berharap, pihak sekolah yang belum berhasil untuk segera memperhatikan program toilet bersih dalam mendukung lingkungan sekolah yang sehat," kata Mithhar. (Rls)

 

 

Berikut Daftar 36 Sekolah Yang Mendapatkan Penilaian Tim Satgas Program Toilet Bersih Edisi Januari 2024.

 

1. Kabupaten Polewali Mandar

    a. TK Kumala Bhayangkari Polewali

    b. SDN 20 Kebunsari Wonomulyo

    c. SMPN 4 Polewali

    d. SLBN Mapilli

    e. SMA Negeri 2 Polewali

    f. SMKN Labuang

 

2. Kabupaten Majene 

    a. TK Batu Pole Tamo

    b. SDN 2 Kamp.Baru

    c. SMPN 3 Pamboang 

    d. SLBN Lutang

    e. SMA Negeri 2 Majene 

    f. SMKN 3 Majene

 

3. Kabupaten Mamuju

    a. TK Kumala Bhayangkari

    b. SDN Bukutakkang Simboro

    c. SMPS IT Buah Hati

    d. SLBN Pembina

    e. SMA Negeri 1 Kalukku 

    f. SMKN 1 Rangas

 

4. Kabupaten Mamasa 

    a. TK Pembina Mambi

    b. SDN 2 Mamasa

    c. SMPN 1 Mambi

    d. SLBN Baitang Aralle

    e. SMA Negeri 1 Mambi 

    f. SMKN 1 Mamasa

 

5. Kabupaten Mamuju Tengah 

    a. TK al-Fatih 54 Tobadak

    b. SD Inpres Tongkou Topoyo 

    c. SMPN 1 Topoyo 

    d. SLBN Tobadak

    e. SMA Negeri 2 Topoyo 

    f. SMKN 1 Budong-Budong

 

6. Kabupaten Pasangkayu 

    a. TK Negeri Satap Biai Pasangkayu 

    b. SDN Inpres Buriko Baras

    c. SMPN 21 Bulu Bonggu Dapurang

    d. SLBN Pasangkayu 

    e. SMA Negeri 1 Bamballamotu

    f. SMKN 1 Bamballamotu

Read 457 times Last modified on Minggu, 11 Februari 2024 17:34
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments