29 Jan 2024

Dorong Terciptanya Tenaga Terampil di Polman, Disnaker bersama BLK Gelar Pelatihan Keterampilan Berbasis Kompetensi Angkatan I

 

POLEWALI -- Sebanyak 64 peserta mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan I yang digelar  Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) bersama Balai Latihan Kerja (BLK) Sulbar di BLK Polewali Mandar (Polman), Senin 29 Januari 2024.

 

Kepala BLK Sulbar, Andi Farid Kusno mengatakan, 64 peserta yang mengikuti pelatihan akan dilatih selama 33 hari dimulai dari 29 Januari sampai 9 Maret mendatang.

 

"Ada 64 peserta, pada empat jurusan dengan masing-masing jurusan 16 orang yaitu barista, tata rias kecantikan, tata busana, kemudian computer operator asisten. Ini angkatan pertama bertempat di UPT BLK Disnaker Polman,"kata Andi Farid.

 

Ia mengatakan, seluruh peserta dilatih berdasarkan pilihan dan seluruh peserta akan dilatih langsung oleh pelatih yang telah berkomitmen di bidangnya masing-masing.

 

Pelatihan tenaga terampil ini menjadi penting sebagai bagian untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil dan kompeten sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Ini juga dapat menjadi upaya pemerintah untuk menekan angka pengangguran di Sulbar. 

 

"Diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri, usaha mandiri. Ini menjadi komitmen Dinas Tenaga Kerja dan BLK untuk menekan angka pengangguran," ucapnya.

 

Hal itu juga sekaligus bagian dari upaya mendukung program Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh terkait permasalahan empat plus satu di Sulbar.

 

Andi Farid menambahkan, seluruh peserta setelah mendapat pelatihan, nantinya melalui Disnaker Polman akan siap melakukan fasilitas penyediaan peralatan kerja bagi para peserta.

 

"Ini menjadi terobosan Disnaker Polman dimana Disnaker Polman akan berkolaborasi antara BLK Polman dan BLK Sulbar melaksanakan paket pelatihan, sementara pengadaan peralatan setelah pelatihan mereka yang mengadakan," ujarnya.

 

Sebagai, Kepala BLK, lanjut Andi Farid tentu dirinya mengharapkan apa yang dilakukan Disnaker Polman dapat dilaksanakan oleh Disnaker di seluruh kabupaten di Sulbar. Hal itu nantinya akan disampaikan pada rakor yang akan digelar di Mamuju pada 5 Februari mendatang.

 

Disnaker Sulbar bersama BLK Sulbar berkomitmen  untuk membekali keterampilan kepada peserta dalam berbagai bidang kejuruan dan memberikan motivasi untuk berusaha mandiri. 

 

Sasaran adalah terciptanya tenaga kerja yang terampil, disiplin, dan memiliki etos kerja produktif sehingga mampu mengisi kesempatan kerja yang ada dan mampu menciptakan lapangan kerja melalui usaha mandiri .

 

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sulbar, Andi Farid Amri mengatakan, tujuan dari pelaksanaan pelatihan tersebut adalah memberikan peluang kepada masyarakat untuk memperoleh keterampilan sehingga dapat menjadi wirausahawan dan entrepreneur di Sulbar.

 

"Kita berharap dari pelatihan ini seluruh peserta setelah selesai mengikuti pelatihan dapat mengembangkan kemampuan, sehingga dapat menjadi entrepreneur yang mampu menciptakan lapangan kerja secara mandiri," tutupnya. (rls)

Read 168 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments