30 Okt 2023

Tatap Muka PMI, PJ Gubernur Sulbar, Prof Zudan Ajak PMI Manfaatkan Akses Tanjung Silopo-Lahad Datu Jadi Akses Dagang

 

Kinabalu, –Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh melakukan tatap muka dengan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kota Tawau Malaysia Minggu 29 Oktober 2023.

 

Kehadiran Pj Gubernur Sulbar membangkitkan rasa nasionalisme para PMI,serta mengingatkan agar PMI senantiasa mematuhi peraturan di negara tempat bekerja. 

 

Prof. Zudan juga berharap PMI dapat memanfaatkan rencana akses Tanjung Silopo-Lahad Datu menjadi akses dagang. Kata Zudan pembukaan akses tersebut untuk memberikan kepastian pelayanan bagi PMI yang ada di Malaysia. 

 

Olehnya, kata Prof Zudan pemerintah pusat memberikan dukungan penambahan Armada untuk memfasilitasi penyeberangan dari Tanjung Silopo ke Lahad Datu, serta bekerjasama dengan pelabuhan Lahad Datu untuk memfasilitasi PMI. Melalui Konsulat RI di Tawau Pj Gubernur juga berpesan agar memastikan PMI mendapatkan pelayanan dan merasa terlindungi. 

 

“Ini sebagai upaya kita memberikan kepastian pelayanan kepada masyarakat, utamanya mengenai akses dari Polman Sulawesi Barat dan masyarakat Indonesia ke Lahad Datu Malaysia,” ucap Zudan yang juga merupakan Sestama BNPP RI. 

 

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sulbar Farid berharap, dengan adanya rute penyeberangan ini akan membuka kerjasama antara Sulbar dan Malaysia, selain kerjasama sektor industri dan Pariwisata juga memfasilitasi Pekerja Migran Indonesia. 

 

”Pelabuhan tanjung silopo juga akan dibuka sebagai pelabuhan embarkasi dan debarkasi PMI ke Malaysia. Diharapkan ini bukan hanya untuk penumpang orang tetapi kedepannya digunakan untuk arus barang hasil pertanian,” ucap Farid. (Rls)

Read 194 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments