09 Mar 2023

Da'i Diharap Himbau Masyarakat Lebih Bijak Alokasikan Belanja Kebutuhan Pokok

 

Mamuju-- Sekprov Sulbar Muhammad Idris, membuka Training Of Trainers (TOT) Da'i Peduli Inflasi, di Grand Maleo d'Hotel & Convention, Jl. Yos Sudarso No. 51 Mamuju, Kamis, 9 Maret 2023.

 

TOT Da'i Peduli Inflasi ini sebagai bagian dalam upaya mendukung terciptanya komunikasi efektif pengendalian inflasi khususnya di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

 

Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengatakan, sebagaimana diketahui fenomena permasalahan yang sering muncul saat memasuki Bulan Ramadhan dan menjelang lebaran (Idul Fitri) adalah naiknya harga bahan pokok yang diiringi dengan inflasi.

 

"Momen penyelenggaraan kegiatan TOT Da'i Peduli Inflasi ini saya rasa tepat sekali, karena tidak lama lagi kita akan memasuki Bulan Ramadhan dan Idul Fitri,"ucap Idris

 

Disampaikan, ada beberapa faktor yang memicu naiknya harga bahan pokok saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri yang senantiasa berulang setiap tahun, diantaranya peningkatan permintaan masyarakat terhadap bahan makanan. Kemudian, kenaikan harga yang ditetapkan produsen akibat meningkatnya permintaan.

 

Sehubungan hal itu, Idris menuturkan, keterlibatan para Ulama dalam memberikan pencerahan serta penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya pengendalian keinginan-keinginan yang bersifat konsumtif melalui ceramah, khutbah dan pengajian di majelis-majelis ta'lim, sangat dibutuhkan.

 

Olehnya itu, para Ulama atau Da'i diharapkan dapat menghimbau masyarakat untuk lebih bijak dan hemat dalam mengalokasikan belanja kebutuhan pokok, supaya gejolak harga dapat terkendali.

 

"Saya berharap dengan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman para ulama mengenai inflasi dan dampaknya terhadap masyarakat,"ujarnya

 

Sekprov Sulbar menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulbar, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulbar, atas terselenggaranya kegiatan TOT teresebut. (mhy)

Read 208 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments