23 Apr 2022

Ekspor Sapu Lidi ke India, Gubernur Ali Baal Harapkan Makin Banyak Anak Muda Jadi Pengusaha

 

Gubernur Sulawesi Barat,  Ali Baal Masdar melakukan pelepasan  ekspor perdana komoditas pertanian  Sapu Lidi oleh CV Coco Mandar Indonesia yang ditandai dengan pengguntingan pita .Pelepasan ekspor sapu lidi sebanyak 25 ton ke Negeri India, diadakan  di halaman Gedung Gadis Pekkabata, Jumat, 23 April 2022. Bahan ekspor komoditi pertanian itu dihasilkan pengusaha muda, Sadariah (22 tahun) yang mengelola usaha secara sederhana melalui CV Coco Mandar Indonesia. Sadariah adalah warga Desa Dambali-wali , Kecamatan Luyo, Kabupaten Polman

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar mengungkapkan rasa apresasi apa yang di lakukan oleh Sadaria, sebagai perempuan yang hebat  dan mampu menciptakan peluang bisnis sapu lidi saat ini mampu di ekspor hingga ke negeri India. Gubernur Ali Baal Masdar berharap , itu sebagai momentum untuk pemanfaatan berbagai potensi sebagai komoditi ekspor. Supaya makin banyak kaum milenial menjadi eksportir. 

"Saya berharap makin banyak anak muda menjadi pengusaha, mencontoh kerja keras yang dilakukan Sadariah menjadi pengusaha eksportir sapu lidi, seperti yang kita saksikan hari ini," kata Ali Baal Masdar. Gubernur yang kerap disapa ABM itu menyatakan salut dan mengapresiasi semangat Sadariah, berpikir kreatif menjadikan sapu lidi sebagai bahan ekspor. 

Ia juga menyampaikan  , sejak lama, diketahui kelapa hanya untuk dibuat kopra sebagai komoditi ekspor.  Padahal banyak ragam dari turunan kelapa yang semuanya bermanfaaat. Selain buah dan batangnya, akar, daun, sampai lidi. Semua bisa diolah menjadi nilai tambah, menandakan ragam potensi kelapa yang bisa menjadi bahan ekspor," tuturnya. 

Hingga kini, komoditas yang diekspor dari Sulbar lainnya terdiri cangkang, minyak sawit, kopi, kakao, dan briket batok kelapa. Dengan adanya ekspor sapu lidi, bertambah lagi ragam komoditi ekspor sehingga makin menggembirakan untuk meningkatkan ekspor yang akan menunjang pertumbuhan ekonomi daerah ini. 

Pelepasan ekspor perdana sapu lidi ke India, dilakukan Gubernur Sulbar bersama Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar, Perwakilan Bank Indonesia Sulbar, Forkopimda Polman, Kepala Karantina Pertanian Sulbar, perwakilan Kanwil Bea Cukai Makassar. (rls)

Read 2176 times
(1 Vote)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments