29 Jul 2021

Polman dan Majene Raih Penghargaan KLA

 

Wagub Sulbar, Enny Anggraeny Anwar, mengikuti acara Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) tahun 2021 secara virtual di Rujab Wagub Sulbar, Kamis, 29 Juli 2021. Dalam acara penghargaan KLA tahun 2021, Pemkab Polman dan Majene berhasil meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeny Anwar, mengatakan, penghargaan ini untuk pertama kalinya dan merupakan sebuah prestasi.

"Alhamdulillah ini yang pertama di Provinsi Sulawesi Barat mendapatkan penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) kategori Pratama, yaitu Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Majene. Ini merupakan prestasi dari kerja keras dan semangat Dinas PPPAKB dan stakeholder terkait,"kata Enny

Untuk kedepannya, Enny menekankan Provinsi Sulawesi Barat akan terus melakukan perubahan demi meningkat ke jenjang berikutnya seperti hal nya provinsi lainnya.

"Tentunya tahun depan 4 (empat) kabupaten lain bisa mendapatkan penghargaan yang sama sehingga kita bisa menjadi Provinsi Layak Anak, itu menjadi harapan kami Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat,"ungkap Enny

Enny menegaskan, ini bukan hanya pekerjaan Dinas PPPAKB tapi ini juga kolaborasi dari seluruh unsur yang terkait, karena untuk mencapai sebuah prestasi butuh keterlibatan baik dari lintas sektoral, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pendidik.

Kepala Dinas PPPAKB Sulbar, Djamila mengatakan, penghargaan yang berhasil diraih Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Majene karena dinilai telah memenuhi kriteria dalam evaluasi kinerja.

"Jadi ada lima kategori penilaian yaitu pemenuhan hak sipil dan kebebasan anak, pemenuhan hak anak atas lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, pemenuhan hak anak atas kesehatan kesejahteraan, pemenuhan hak anak atas pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus anak, dan untuk mengikuti penilaian tersebut, kita sudah menginput seluruh data,"kata Djamila

Kabupaten yang telah menyandang predikat pratama tersebut dirinya berharap hal itu bisa terus menjadi motivasi untuk pemenuhan hak anak dan mewujudkan pembangunan berprespektif kepentingan terbaik untuk anak.

"Dan saya juga berharap kedepannya gugus tugas di 4 (empat) kabupaten lain di Sulbar dapat menguatkan lima klaster itu untuk pemenuhan hak perlindungan khusus anak, dan juga mampu meraih predikat pratama seperti Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Majene,"pungkasnya. (deni)

 

Read 258 times
(0 votes)