30 Jul 2021

Gubernur Sulbar Hadiri Rakornas BMKG Secara Virtual

 

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tahun 2021 secara virtual di Kantor Merah Putih Gubernur Sulbar, Kamis, 29 Jui 2021. Rakornas tersebut dihadiri oleh Presiden Jokowi. Mengusung tema"BMKG Kawal Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh".

Presiden Jokowi dalam Rakornas tersebut menyampaikan, Indonesia merupakan negara yang memiliki resiko bencana geo hidro Meteorologi yang tinggi dan intensitas kejadian bencana meningkat signifikan dari tahun ke tahun bahkan dalam waktu bersamaan dapat terjadi multi bencana, untuk itu Indonesia harus meningkatkan ketangguhan dalam menghadapi bencana

“Dengan tantangan yang semakin meningkat, maka kita harus meningkatkan ketangguhan kita dalam menghadapi bencana, menguatkan manajemen penanganan bencana, dan meningkatkan kemampuan untuk mengantisipasi dan memitigasi bencana untuk mengurangi risiko korban jiwa, kerusakan, dan kerugian harta benda,” ujar Jokowi

Jokowi menyampaikan, kejadian bencana gempa bumi pada kurun waktu tahun 2008-2016 rata-rata 5000-6000 kali dalam satu tahun. Pada tahun 2017 meningkat menjadi 7169 kali dan tahun 2019 jumlahnya meningkat signifikan menjadi lebih dari 11.500 kali.

“Saya minta BMKG bukan hanya menyampaikan informasi cuaca, iklim, gempa, dan tsunami yang lebih cepat dan dengan jangkauan yang lebih luas pada masyarakat, tetapi bersinergi bersama BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengedukasi masyarakat bagaimana bersiap menghadapi bencana,” tandasnya.

Menindaklanjuti rakornas BMKG tersebut, Asisten I Bidang Pemkesra, Muh Natsir menyampaikan, akan melakukan upaya untuk mensosialisasikan dan literisasi kepada masyarakat perlunya memahami karakter atau bentuk bencana yang ada di daerah ini sebagai langkah dan mekanisme penanganan untuk melakukan penyelamatan. 

"Kita akan berupaya melakukan sosialisasi dan literisasi kepada masyarakat agar perlu memahami bagaimana sifat dan karakter bencana yang ada di daerah kita, apa saja langkah yang harus serta mekanisme untuk melakukan penyelamatan", harap Natsir.

Hadir juga dalam Rakornas antara lain,para menteri kabinet kabinet Indonesia Maju, pimpinan Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, Kepala BMKG RI Dwi Rakorita, para Bupati /wakil Bupati dan peserta rakornas lainya. (desi)

 

 

Read 217 times
(0 votes)