12 Nov 2020

Untuk Mendukung SPBE, Dinas Kominfo,Persandian dan Statistik Sulbar Latih Pengembangan SDM Tenaga Teknis Lingkup Sulbar

Kadis Kominfo,persandian dan statistik Safaruddin membuka  acara pelatihan pengembangan SDM Tenaga Teknis SPBE Lingkup Pemerintah Sulawesi Barat yang dilaksanakan di Maleo, Kamis 12 November 2020. Acara tersebut di hadiri pula Kabid Layanan E Goverment, Ridwan Djafar, menghadirkan pemateri dari Dosen Stimik Dipanegara Makassar,  Rahmat S.Com,MT dan Dosen UIN Makassar Hasyrif Sy.Kom. MT dan peserta masing-masing tenaga teknis perwakilan OPD Lingkup Sulbar.

Pada kesempatan tersebut, Safar mengatakan kegiatan pelatihan  ini salah satu upaya pemerintah untuk melakukan pengembangan dan peningkatan SDM tenaga teknis di masing-masing OPD. Tentunya dari pelatihan ini dapat dimanfaatkan oleh para peserta untuk menerima ilmu dari pemateri yang cukup ahli dibidangnya. 

Apalagi sudah keharusan  untuk kita bisa menggunakan teknologi yang tahun ketahun  semakin berubah tingkatannya. "mau tidak mau kita jangan ketinggalan dalam hal pengembangan teknologi. Apalagi saat ini keharusan dari pemerintah pusat untuk mengembangan SPBE bahkan  intruksi Presiden Jokowi Dodo mengharuskan dalam dua tahun terakhir kita sudah harus mengaplikasikan SPBE di setiap instansi. 

Saat ini dinas kominfo telah melakukan berbagai cara untuk bisa menfasilitasi OPD untuk pengembangan SPBE baik dari pelatihan maupun sarana teknisnya. Namun ada beberapa kendala dimana OPD masing ada yang belum bisa memahami tentang pentingnya sistem pemerintahan berbasis elektronik. Masih adanya beberapa OPD yang belum serius menangani ini sehingga aspek SPBE belum berjalan maksimal, kita masih banyak menggunakan secara manual khususnya persuratan. 

Sedangkan untuk jaringan innternet telah tersedia namun belum sesuai harapan dan baru  memenuhi hanya 20 persen tingkat kebutuhan dan Dinas kominfo dalam hal ini tentu menginginkan adanya kerjasama yang baik di OPD, karena kami cukup menfasilitasi infrastrukturnya dan pengembangan tenaga SDMnya untuk diberikan pelatihan yang nantinya dapat difungsikan di kantor masing-masing,terang,"Safar.  

Safar menjelaskan tentang kondisi saat ini terkait infrastruktur jaringan dimana  mengharapkan nantinya dapat terkoneksi keseluruhan karena saat ini masih belum terkonesi dengan baik. Masih adanya pusat server yang lebih banya tersebar di OPD padahal kami meninginkan sesuai arahan semua server dapat terpusat di satu titik yakni di Dinas Kominfo. Begitupun peralatan jaringan yang sudah ada tetapi belum sesuai kebutuhan, begitupun dengan SDM yang masih kurang dan belum berkualitas,website telah ada tetapi masih adanya OPD yang belum peduli dan baru 30 persen yang memaksmimalkannya dan masih banyaknya kendala yang belum bisa terjaring dengan baik di jajaran lingkup OPD, tutur, Safar.

Kedepan, kami mengharapkan adanya keseriusan bersama agar pelaksanaan SPBE dapat kita laksanakan sesuai keinginan Gubernur,Wagub dan Sekda. "tantangan dan pekerjaan kita bersama memang berat tetapi jika dilakukan dengan sinergi dan semangat kita optimis serta di dukung oleh semua stakholder dan didukung oleh anggaran yang tersedia tentunya perlahan target SPBE Provinsi Sulbar akan tercapai. Dinas Kominfo akan mengupayakan target makro provinsi untuk SPBE secepat mungkin bisa tercapai dan akan membantu target SPBE di OPD dapat segera terwujud, Kata, Safar.

Untuk itu kami juga mengharapkan agar OPD dapat memiliki kepedulian untuk mencapai target SPBE masing-masing, termasuk para peserta yang telah diberikan pelatihan untuk bisa menjadi motor SPBE yang energik di OPD masing-masing. Saya berharap agar pimpinan di OPD lingkup Sulbar bisa mendukung SPBE di Pemerintahan Sulbar yang handal dan mendorong tercapainya tujuan SPBE yang efisien dan efektifitas pemerintahan. 

Selain itu, Kabid Layanan E Goverment juga mengatakan bahwa kegiatan pelatihan pengembangan SDM tenaga teknis SPBE kiranya dapat membantu OPD untuk bisa bekerja nantinya. Pelatihan ini dilakukan  selama dua hari yang dimulai dari tanggal 12 sampai 13 November 2020 dan para peserta diharapkan bisa menerima dengan sungguh-sungguh ilmu yang berikan oleh pemateri.

"kita menginginkan agar tahun kedepan semua OPD lingkup Sulbar dapat melaksanakan SPBE sesuai dengan arahan Presiden dan Pimpinan kita di Sulbar. Walaupun diketahui masih banyak kendala yang dihadapi, namun kami terus berbenah, baik segi infrastruktur jaringan maupun SDM dan yang lainnya,Ujar,"Ridwan 

Saat ini dinas kominfo terus berupaya untuk memberikan pelayanan di OPD masing-masing dan kami  telah menyediakan  tenaga non PNS yang telah direkrut untuk melakukan pelayanan secara teknis yang terbagi atas tiga bagian, yakni programmer, Jaringan dan Multimedia. Mereka semua tenaga yang dipakai untuk memberikan pelayanan di Lingkup Pemprov Sulbar. Namun kami juga mengharapkan agar OPD juga bisa mandiri dan menyiapkan tenaga teknis masing-masing agar dinas kominfo membantu hanya diskala besarnya saja untuk di opdnya dapat dilakukan oleh tenaga teknis yang telah kami latih, Ujar,"Ridwan. 

 

 

 

Read 430 times Last modified on Kamis, 12 November 2020 13:46
(0 votes)