06 Okt 2020

TNI Penjaga Utama Kedaulatan Dan Keutuhan NKRI

 

Kominfo Sulbar-- Sekprov Sulbar, Muhammad Idris mengikuti  upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75 tahun 2020 secara virtual di Markas Korem 142/Tatag, Senin 5 Oktober 2020.

Upacara yang digelar secara daring dari Istana Negara tersebut, dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo.

HUT TNI ke-75  mengusung tema "Sinergi Untuk Negeri". Tema tersebut mengandung makna suatu tolak ukur penyemangat prajurit untuk meningkatkan sinergisitas dengan jajaran aparatur, sebagai wujud pengabdian diri kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam amanatnya, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun yang ke-75  kepada TNI.

"Atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat ulang tahun TNI yang ke-75 tahun.  HUT TNI bukan hanya dirayakan anggota, tapi juga segenap rakyat,"ucap pria yang akrab disapa Jokowi itu

Jokowi menuturkan, TNI merupakan penjaga utama kedaulatan dan keutuhan NKRI. Untuk itu Ia berharap perjalanan panjang TNI bisa terus melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

"Perjalanan panjang TNI sejak kemerdekaan hingga kini menunjukkan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UU 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan negara,"ujarnya

Sementara itu, Danrem 142/Tatag, Brigjen TNI Firman Dahlan, mengatakan, untuk mendukung kelangsungan pertahanan NKRI akan dilakukan peningkatan  pembinaan. Tentunya untuk mengelola seluruh sumber daya dan sarana prasarana nasional secara aktif.

"Hal ini guna mencapai tujuan pertahanan negara yang kokoh, dalam rangka mempertahankan NKRI, khususnya di Sulbar,"pungkasnya. (tawin)












Read 72 times
(0 votes)