30 Sep 2020

Sebagai Wali Data, Dinas Kominfo Butuh Informasi Statistik Akurat

 

Kominfo Sulbar-- Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Sulbar,  Safaruddin Sunusi, DM, menekankan Dinas Kominfo sebagai wali data sangat membutuhkan data dan informasi statistik yang akurat.

Hal tersebut disampaikan saat menjadi narasumber pada webinar (web seminar) tentang data berkualitas untuk Indonesia Maju, yang diselenggarakan secara virtual oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar, Selasa 29 September 2020.

"Hal ini sebagai rujukan dalam melakukan analisis kebutuhan dan perumusan kebijakan pada masing-masing sektor dalam memenuhi prinsip satu data, yaitu standar data, meta data inter operabilitas data dan kode referensi,"ucap Safaruddin

Olehnya itu, Safaruddin berharap, peran masing-masing pihak baik kabupaten maupun provinsi dalam penyediaan data, dapat dilakukan penyempurnaan  sebelum divalidasi oleh BPS sebagai pembina untuk dipublish dan disajikan dalam bentuk buku dan e-book melalui website Pemprov Sulbar.

Webinar yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) 2020 tersebut, dibuka secara resmi Sekprov Sulbar Muhammad Idris.

Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran statistik bagi para responden, produsen, dan konsumen data, agar dapat memberdayakan secara maksimal menuju terwujudnya Sistem Statistik Nasional yang akurat, berkualitas dan bermanfaat dalam merencanakan kebijakan pembangunan menuju Indonesia maju, berdaya saing dan unggul disegala bidang kehidupan, sehingga diharapkan menjadi momentum agar semua lapisan masyarakat untuk sadar tentang statistik. (yandi)






Read 55 times Last modified on Rabu, 30 September 2020 19:15
(0 votes)