11 Sep 2020

Sambut PON 2021 Papua, Ali Baal Harap Cabor Dipersiapkan

 

Kominfo Sulbar-- Pemprov Sulbar mengikuti perayaan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) Ke-37 secara vitual diruang Auditorium Lantai 4 Kantor Gubernur Sulbar, Rabu, 9 September 2020.

Seremoni Haornas 2020 yang digelar pada Rabu malam tersebut,  berlangsung di dua lokasi yakni di GOR POPKI Cibubur dan Istana Negara di Bogor, dimana Presiden RI, Joko Widodo mengikuti proses pembukaan perayaan Haornas melalui daring dari Bogor.

Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, pada kegiatan itu menerapkan protokol kesehatan.

Perayaan Haornas tahun ini mengangkat tema"Sport Science, Sport Tourism, Dan Sport Industry, yang mengandung makna melalui olahraga kita dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan mempromosikan pariwisata daerah.

Pada kesempatan itu, Presiden RI, Joko Widodo menyinggung banyak elemen olahraga, bahkan secara khusus ia meminta stakeholder olahraga untuk merevisi sistem tata kelola pembinaan keolahragaan di Indonesia, sebab menurutnya olahraga Indonesia belakangan kurang berprestasi.

"Saya pesan kepada Menpora, KONI, KOI untuk tingkatkan prestasi olahraga nasional. Kalau selama ini prestasi olahraga kita masih kurang berhasil, itu artinya cara-cara yang selama ini kita lakukan mungkin kurang tepat. Kita harus review total ekosistem olahraga nasional, saya minta tata kelola pembinaan atlet di review total. Tata kelola pembinaan atlet harus tersinergi dengan baik dari daerah hingga pusat,"ujar pria yang akrab disapa Jokowi itu

Jokowi menekankan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru juga harus dilakukan, tak hanya untuk pengembangan pusat latihan berbasis science, tapi juga pengembangan manajemen baru yang lebih baik.

"Penduduk kita 260 juta lebih dan mayoritas adalah generasi muda. Sangat tak masuk akal kalau kita kekurangan atlet berbakat, pasti ada jutaan. Kalau kurang calon pasti yang salah manajemennya, bukan kekurangan bakat. Sekali lagi sistem pembinaan atlet harus direview total,"tandas Jokowi

Sementara itu, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar mengatakan, pada 2021 akan diselenggarakan event nasional yaitu PON di Papua. Event tersebut bertujuan sebagai ajang prestasi olahraga, yang juga diharapkan menjadi pengungkit perekonomian khususnya di tanah Papua.

"Ini artinya bahwa event itu membuka kesempatan seluas-luasnya kepada para pengusaha khususnya Usaha kecil menengah (UKM) untuk melakukan bisnis dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian negara" tutur Ali Baal saat membacakan sambutannya.

Menyambut event tersebut, Ali Baal berharap, agar semua stakaholders  untuk mempersiapkan secara serius agar Sulbar dapat mendulang medali di ajang itu.

"Teruslah berjuang, tetap semangat dan harumkan nama Sulbar di PON Papua,"kata Ali Baal.

Kepala Dispora Sulbar, Muhammad Hamzih, mengatakan, untuk persiapan KONI sampai hari ini  fokus pada latihan dan sudah mendorong untuk beberapa pelatih mendampingi atlet.

"Saya meyakini betul dengan keterlibatan semua pelatih dan kita semua Dispora, KONI  Insya Allah target kita akan tercapai,"ucap Hamzih

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sulbar memberikan uang secara simbolis kepada tujuh Atlet yang berprestasi, terdiri dari cabang olahraga catur sebanyak Rp.24.000.000,  balap motor sebanyak Rp 46.500.000, sepak takraw sebanyak Rp.72.000.000, dayung sebanyak Rp.138.000.000, dan muaythai, renang, atletik masing-masing mendapatkan sebanyak Rp.21.000.000,. (tawin)




Read 195 times
(0 votes)