11 Agu 2020

Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-75 Digelar Dua Bagian

 

Kominfo Sulbar-- Pemprov Sulbar menggelar rapat pematapan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke-75 di ruang meeting lantai 2 Kantor Gubernur Sulbar, Senin 10 Agustus 2020.

Berlangsung di ruang meeting lantai 2 Kantor Gubernur Sulbar, rapat tersebut dipimpin oleh Sekprov Sulbar, Muhammad Idris.

Dalam arahannya, Sekprov Sulbar Muhammad Idris, mengatakan,  untuk menyukseskan program HUT Kemerdekaan RI tahun ini, pemerintah akan menggelar upacara menjadi dua bagian. Hal itu dilakukan demi mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid 19.

"Upacara pada akhirnya akan kita lakukan menjadi dua bagian, yakni upacara mandiri yang akan kita selenggarakan sebelum detik - detik Proklamasi secara nasional dan dilanjutkan dengan upacara peringatan secara nasional melalui virtual, dimana seluruh Pemerintah Provinsi Se-Indonesia wajib mengikuti upacara secara penuh yang dilaksanakan di Istana Negara,"ucap Idris

Menyambut HUT Kemerdekaan RI Ke-75,  Idris meminta kepada panitia penyelenggara HUT RI Sulbar memberikan himbauan kepada seluruh elemen masyarakat, agar kiranya menghentikan aktivitas sejenak untuk melakukan sikap sempurna pada saat 17 Agustus, di mulai pukul 11:17 - 11:20 Wita.

"Bagaimana caranya kita betul-betul mencapai upacara tahun ini menjadi upacara milik warga negara, dimana warga memiliki peran melakukan penghormatan selama tiga menit saja untuk memberikan apresiasi upacara tahun ini. Kegiatan ini akan di mulai dengan bunyi sirine yang terdapat di tempat ibadah, seperti Masjid, Gereja, Pura serta tempat lainnya,"tutur Idris.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulbar, Muhammad Hamzih, menghimbau seluruh peserta undangan yang akan hadir mengikuti upacara agar kiranya tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti tetap memakai masker, cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh.

Terkait Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Hamzih mengungkapkan, ada delapan orang terpilih dari kabupaten se-Sulbar yang akan mengikuti proses pengibaran bendera merah putih yang dilaksanakan di Kantor Gubernur Sulbar.

"Tentunya mereka sudah mengikuti rapid tes dan semua Paskibraka itu bebas dari Covid 19,"tandas Hamzih

Untuk Veteran, lanjut Hamzih, akan ada satu perwakilan Veteran Sulbar yang akan mengikuti proses upacara 17 Agustus tahun ini.  Hal tersebut dilakukan untuk melakukan pencegahan Covid -19.

"Melalui rapat kemarin kita telah sepakat hanya mengutus satu orang perwakilan Veteran Sulbar, yang akan diikutkan tiga kali upacara perayaan HUT Kemerdekaan RI,  yakni upacara pada pagi hari, upacara secara virtual di lantai 4 Kantor Gubernur Sulbar dan upacara penurunan bendera merah putih pada sore hari"tambahnya (tawin)




 

 

Read 225 times
(0 votes)