13 Feb 2020

Anggota DPD RI, H Malik Pababari Harap Sulbar Miliki Data Yang Akurat

Untuk menyerap aspirasi salah satu agenda anggota DPD RI perwakilan Sulbar, H Malik Pababari menghadiri pertemuan dengan kadis Dukcapil Provinsi dalam rapat pembinaan program prioritas Dukcapil Tahun 2020 dan penyerapan aspirasi masyarakat dan daerah anggota DPD RI Provinsi Sulbar di cafe banua Pada, Rabu 12 Februari 2020. Pada rapat tersebut dibuka oleh kadis Dukcapil Sulbar Ilham Borahima dan dihadiri langsung oleh Anggota DPR RI H Malik Pababari serta para kepala dinas Dukcapil Se Sulbar dan staf ahli DPD RI DR Amran HB,  Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Penyerahan berita acara hasil rapat penyerapan aspirasi di dinas Dukcapil Sulbar yang tandatangani oleh enam kadis DUkcapil Se Sulbar dan diserahkan oleh Kadis Dukcapil Ilham Borahima kepada anggota DPD RI H Malik Pababari 

Di kesempatan lainnya anggota DPR RI H Malik Pababari hadiri untuk mendengar dan melihat sejauh mana data yang dimiliki dukcapil dalam data kependudukan serta dapat mengawal aspirasi yang ada dinas tersebut. Ia juga menyampaikan antusiasnya terkait kegiatan ini. Menurutnya setelah dilantik begitu banyak permohonan yang diajukan untuk mengawal semua kegiatan baik dipusat maupun di Sulawesi Barat. Walaupun semua sangat penting namun sebagai wakil rakyat harus mengatur waktu untuk bisa merangkul semuanya.   Di acara Dukcapil ini, Malik menuturkan bahwa kehadirannya  yang diundang secara kekeluargaan tentu menjadi kebanggaan untuk dirinya yang dipercayakan sebagai wakil rakyat untuk duduk bersama dengan kepala dinas Dukcapil Provinsi dan Kadis Dukcapil Se Sulbar. 

 Lanjut dikatakan bahwa persoalan yang kerap di hadapi adalah  tentang data. Dimana data di Sulbar masih sangat kurang, bahkan belum akurat. Apalagi berbicara data tentulah sangat dibutuhkan dan sangat penting kalau kita berhadapan dengan pusat. Pasalnya di kementerian mereka telah memiliki data yang konkrit disemua daerah.Jadi kalau kita tidak memiliki dasar data yang akurat yang akan kita ajukan,bagaimana kita bisa bekerja ataupun berbicara tentang kondisi di daerah kita,ungkapnya.

"Dengan adanya kegiatan di dinas Dukcapil, tentu menjadi dasar kita untuk bersama-sama duduk untuk berdiskusi permasalahan apa saja yang ada serta menyetujui apa saja yang menjadi penyerapan aspirasi yang nanti akan diserap dan akan kita pilah, program mana yang menjadi prioritas untuk dibawa ke pusat yang akan dibahas dalam paripurna, ujar mantan bupati ini. 

Malik juga mengatakan bahwa tidak lama lagi kita akan melakukan pilkada serentak di Sulbar yang membutuhkan data yang valid. KIta tidak dapat membahas persoalan jika data itu nol. kita harus mencari akar permasalasalahanya dan mencari solusi tentunya. Bukan hanya itu, kita akan diperhadapkan dengan kesiapan sebagai penyangga ibukota Negara yang nantinya akan berada di Di Kalimantan.  Sebagai daerah tetangga ini apa yang menjadi persiapan kita sebagai penyangga ibukota negara. Ini tidak mudah, perlu persiapan sejak dini untuk bisa mempersiapkan diri maupun daerah disegala sektor agar ibukota negara nantinya akan bisa membawa manfaat di daerah kita yang sangat dekat dengan Sulbar.  

Pembahasan demi pembahasan telah dilakukan sehingga tahun 2022 nantinya pusat pemerintahan  akan berpindah baik presidennya maupun menterinya. "yang menjadi pertanyaan siapkah kita akan data dan pada pemutakhiran data yang akurat khususnya di Sulbar, itu yang perlu kita bicarakan dan harus ada progres nantinya. 

"Kesiapan kita akan menopang ibukota adalah pada data yang ada baik  dan akurat dan itu berada di dinas dukcapil, dinas pertanian dan opd lainnya. Semua harus dipersiapkan,ujarnya. Sebagai mantan bupati di Mamuju, Malik mengatakan kemajuan Sulbar ada ditangan kita semua. kita adalah pelaku atau user untuk melakukan sesuatu perubahan. kalau bukan kita siapa lagi, apalagi kita merupakan pelanjut generasi. "Dengan usia saat ini saya harus bersaing dengan jiwa-jiwa muda, namun saya tidak melihat umur, akan tetapi semangat yang ada yang patut kita kembangkan untuk melakukan suatu perubahan yang lebih baik.

 

Read 39 times
(0 votes)