05 Apr 2024

Simulasi Gempa Bumi, Kadinkes Sulbar Dampingi Pj Gubernur Sulbar

 

Mamuju -- Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Barat, drg. Asran Masdy hadir mendampingi bapak Pj Gubernur Sulawesi Barat , Prof Zudan dalam simulasi gempa yang diselenggarakan di depan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat. Simulasi tersebut diadakan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan respons terhadap bencana alam, khususnya gempa bumi, yang rentan terjadi di Provinsi Sulawesi Barat.

 

Dalam simulasi tersebut, Kepala Dinkes Sulbar, drg.Asran Masdy terlibat langsung dalam skenario darurat yang disiapkan oleh tim BPBD. Ia bersama dengan tim berlatih mengevakuasi korban, memberikan pertolongan pertama, dan merespons situasi darurat yang mungkin terjadi pasca gempa.

 

“Dalam situasi darurat seperti ini, kesiapan, baik sarana maupun kemampuan SDM dan system yang disiagakan, serta kerja sama semua pihak menjadi kunci utama dalam menyelamatkan nyawa dan mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan oleh bencana alam,” ujar Asran Masdy.

 

Dalam simulasi tersebut, BPBD Sulawesi Barat juga mengikutsertakan berbagai pihak terkait, termasuk tim SAR (Search and Rescue), relawan, serta instansi terkait lainnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi antarinstansi dalam menangani bencana.

 

“Melalui simulasi ini, kita dapat mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan sistim kesiapsiagaan kita terhadap bencana dan bisa memperbaiki prosedur serta koordinasi antar instansi dalam penanganan bencana,” Asran Masdy.

 

Simulasi gempa di depan Kantor BPBD Sulawesi Barat tersebut merupakan bagian dari bentuk komitmen serius serta upaya pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Barat dalam meningkatkan kesiapsiagaan serta kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam yang potensial terjadi.

 

Penulis : Dinkes

Editor : humassulbar

Read 79 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments