27 Mar 2024

Pemprov Sulbar Pastikan Harga Minyak Goreng Stabil

 

Mamuju -- Menanggapi isu kenaikan harga minyak goreng di Sulawesi Barat (Sulbar), Pemprov Sulbar melalui Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Sulbar, Muhammad Najib Ali memastikan bahwa harga minyak goreng di Sulbar cenderung stabil selama bulan puasa. 

 

 Najib mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan harga yang rutin dilaksanakan, per tanggal 26 Maret 2024 rata-rata harga minyak goreng di Sulbar yaitu Rp17,462.87, dimana rata-rata ini merupakan harga rata-rata minyak goreng curah, MinyakKita, dan minyak kemasan premium di seluruh kabupaten di Sulbar. 

“Kami setiap harinya melakukan pemantauan harga di pasar-pasar induk di seluruh kabupaten di Sulbar, dari hasil pemantauan kami, harga minyak goreng di Sulbar cenderung stabil. Hari ini misalnya, harga minyak goreng curah di Mamuju masih di stabil di harga Rp14,000 ,” jelas Najib.

 

Ia juga mengatakan, merujuk pada rilis data Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan (SP2KP), harga minyak goreng kemasan premium dari tanggal 18 s.d. 21 Maret 2024 di Sulbar stabil di harga Rp20.800,- yang kemudian turun menjadi Rp20.600,- pada tanggal 21 s.d 25 Maret 2024. Selain itu, untuk minyak goreng curah dan MinyakKita dari tanggal 18 s.d. 25 Maret 2024 masing-masing stabil di harga Rp15.000,- dan Rp16.000,-.

 

Najib mengingatkan agar masyarakat dapat lebih teliti dalam menerima informasi, hal ini terkait dengan berita yang dirilis oleh katadata.co.id pada 23 Maret 2024 dengan judul Harga Minyak Goreng Kemasan Bermerk 1 di Gorontalo Termahal Se-Indonesia (Selasa, 19 Maret 2024). Pada berita tersebut disebutkan bahwa harga minyak goreng di Sebesar Rp24.250 per Kg, termahal keempat nasional berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional. Menurut Najib, tidak ada yang salah dengan informasi tersebut, namun perlu diketahui bahwa data tersebut didasarkan pada harga minyak goreng premium spesial pada toko retail modern sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

 

 “Terkait berita harga minyak Sulbar sampai Rp24.250, per kg, perlu diperhatikan kalau itu adalah harga minyak dengan kualitas premium spesial yang dijual di ritel modern. Ini tentu berbeda dengan data kami yang didasarkan pada harga minyak goreng di pasar-pasar tradisional di seluruh kabupaten di Sulbar. Yang jelas untuk harga minyak goreng di pasaran masih stabil” jelas Najib.

 

Secara terpisah, Kepala Dinas Koperindag Sulbar, Bau Akram Dai menyampaikan akan terus melakukan upaya agar harga bapok khususnya minyak dapat tetap stabil. “Selain pemantauan pasar, akan akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar stok dan harga bapok, khususnya minyak goreng di sulbar dapat terjaga.” ujar Akram.

 

Penulis : Disperindag

Editor : humassulbar

Read 120 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments