22 Mar 2024

Pengambilan Data Ukur, Dinas Perkim Sulbar dan Konsultan Perencana Segera Buat Produk Perencanaan Penyediaan PSU Permukiman

 

Mamuju--Setelah melakukan penandatanganan Surat Perintah Kerja (SPK) bersama penyedia yang akan melaksanakan perencanaan kegiatan penyediaan Prasarana Sarana dan Utilitas Umum (PSU) untuk wilayah Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dan Mamasa, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Kadis Perkim) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Syaharuddin memberi arahan kepada Kepala Bidang Permukiman (Kabid Perkim) Reski Ridwan untuk segera melakukan pendampingan kepada para konsultan penyedia dalam melakukan pengambilan data ukur guna mendesain recana kegiatan penyediaan PSU. Hal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut arahan Pj. Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

 

“Kami sudah melakukan penandatanganan SPK dengan 3 (tiga) perusahaan yang akan melaksanakan beberapa perencanaan yaitu CV. Arya Bakti Konsultan, CV. Giliran Putra Konsultan dan CV. Siamasehi," kata Syaharuddin, Kepala Dinas Perkim saat di temui di ruang kerjanya, Jumat 22 Maret 2024.

 

Ditemui di hari yang sama, Kabid Perkim Reski Ridwan mengatakan, dirinya sudah memberi arahan kepada Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Muhammad Yusuf bersama tim teknis untuk mendampingi para konsultan guna memastikan lokasi yang sudah direncanakan sesuai dengan lokasi yang telah diidentifikasi beberapa bulan yang lalu.

 

“PPTK dan tim teknisnya berserta para konsultan perencana sudah saya perintahkan Selasa 19 Maret 2024, untuk mendampingi para konsultan dalam hal pengambilan data ukur lokasi yang akan dilakukan pembangunan PSU, dan hari ini (Jumat 22 Maret red.) laporan hasil pendampingannya sudah saya terima,” ujar Reski.

 

Kabupaten Polman dan Mamasa menjadi lokasi yang pertama pengambilan data ukur untuk 3 (tiga) perencanaan pembangunan PSU berupa rabat beton, penyediaan air bersih dan sarana pekuburan.

 

CV. Arya Bakti Kosultan untuk pembangunan rabat beton di Desa Tandukalua dan Desa Palambassang Kecamatan Tawalian, Kabupaten Mamasa, serta penyediaan air bersih di Desa Pussui Barat Kecamatan Luyo dan Desa Katumbangan Lemo Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polman.

 

CV. Giliran Putra Konsultan untuk pembangunan sarana pekuburan  di Desa Banua Baru Kecamatan Wonomulyo dan Desa Ugi Baru Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polman.

 

CV. Siamasehi untuk penyediaan air bersih di Desa Rea Kecamatan Binuang dan Desa Beroangin Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polman.

 

Muhammad Yusuf selaku PPTK kegiatan tersebut menyampaikan, setelah pengambilan data ukur di lapangan maka para konsultan akan segera membuat Produk Perencanaan.

 

“Setelah pengambilan data ukur di lokasi, maka para konsultan akan segera meramu Detail Engineering Design (DED) yang di dalamnya memuat dokumen desain teknis bangunan yang terdiri dari gambar teknis, spesifikasi teknis dan spesifikasi umum, volume serta biaya pekerjaan nantinya,“ kata Yusuf ditemui setalah kembali dari lokasi Jumat 22 Maret 2024.

 

“Semoga ini cepat selesai agar kita segera melakukan aksi selanjutnya sampai PSU yang telah kita rencanakan terbangun dengan sempurna dan sesuai yang selalu diingatkan oleh Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh untuk kita senantiasa melakukan percepatan agar masyarakat lebih cepat menikmati apa yang mereka sangat butuhkan,” imbuhnya menutup wawancara kami.

 

Penulis : Dinas Perkim Sulbar

Editor    : humassulbar

Read 89 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments