22 Mar 2024

Koordinasi Lalu Lintas Ternak Babi Asal Sulteng Menuju Kaltim, Maksimalkan Pengamanan Wilayah dari Penyakit Hewan Menular

 

Mamuju - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melakukan pertemuan koordinasi terkait lalu lintas ternak babi.  

 

Pertemuan koordinasi dilaksanakan Selasa 19 Maret 2024 di Kantor DTPHP Sulbar, dihadiri Sekretaris DTPHP Sulbar sekaligus selaku Pejabat Otoriter Veteriner Sulbar drh. Agus Rauf, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DTPHP Sulbar Nur Kadar, Koordinator Kesehatan Hewan drh. Ni Putu Novi Aritayanthi, serta para Dokter Hewan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulteng.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk menindaklanjuti kegiatan lalu lintas ternak babi asal Sulteng menuju daerah tujuan di Kalimantan Timur (Kaltim) yang berangkat melalui jalur laut di Mamuju, Sulbar. Sekretaris DTPHP Sulbar, drh. Agus Rauf menyambut baik kehadiran para dokter hewan berwenang dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulteng tersebut.

 

Dalam pertemuan singkat itu, drh. Dea Aprilian, dokter hewan berwenang dari Sulteng menyampaikan, ternak yang melintas di Sulbar dalam keadaan sehat berdasarkan hasil pemantauan langsung di Kandang Karantina Botteng, Mamuju. 

 

Sekretaris DTPHP Sulbar, drh. Agus Rauf menekankan, seluruh komoditi beserta alat angkut harus dilakukan desinfeksi sehingga resiko penularan dan penyebaran penyakit dapat diminimalisir.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan DTPHP Sulbar, Nur Kadar mengucapkan terima kasih atas koordinasi tersebut, sehingga pengamanan wilayah dari penyakit hewan menular semakin maksimal dan seluruh stakeholder dapat melakukan tugas dan fungsinya dengan baik. 

 

Ditemui terpisah, Kepala DTPHP Sulbar, Syamsul Ma’rif mengatakan, koordinasi itu adalah hal positif yang harus terus ditingkatkan sebagai langkah pengamanan dari penyebaran penyaki yang tidak diinginkan. 

 

Diketahui, pada hari yang sama sebanyak 800 ekor babi telah dilintaskan melalui Pelabuhan Laut Simboro, Mamuju, menuju daerah tujuan di Kaltim.

 

Penulis : DTPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 120 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments