07 Feb 2024

Tindak Lanjut Rencana Kerja Sama, Dinas Perkebunan Sulbar Bersama PT. Mars Indonesia Tinjau Kebun Induk di Batu Panga Da’ala

 

Polman--Kepala UPTD BPPTP Dinas Perkebunan Sulawesi Barat (Sulbar) Rusdi mendampingi Tim PT. Mars Indonesia melakukan peninjauan lapangan di kebun induk Dinas Pekebunan Sulbar di Batu Panga Da’ala Kab. Polewali Mandar (Polman), Selasa, 06 Februari 2024.

 

Peninjauan kebun induk dilakukan sebagai tindak lanjut rencana kerja sama yang akan dijalin antara Dinas Perkebunan Sulbar dengan PT. Mars Indonesia.

 

Adapun tujuan peninjauan dari Tim PT. Mars Indonesia itu adalah melakukan pemeriksaan kesesuaian lahan dan sekaligus melaksanakan pengukuran pH tanah, dimana hal tersebut sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan komoditi kakao.

 

Kepala Dinas Perkebunan Sulbar Herdin Ismail memberi apresiasi kepada pihak PT. Mars Indonesia dan Kepala UPTD BPPTP dalam merespon percepatan mendukung program Dinas Perkebunan dan PT Mars dalam meningkatkan produktivitas komoditi kakao di wilayah Sulbar.

 

Kepala UPTD BPPTP Dinas Perkebunan Sulbar Rusdi berharap kerja sama itu segera terealisasi dan berjalan sesuai dengan harapan kedua belah pihak.

 

"Kami berharap sinergitas, koordinasi dan kolaborasi menuju Gerbang Permadani (Gerakan Bangkit Membangun Perkebunan Terintegrasi Maju dan Mandiri) dapat terwujud," ujarnya.

 

Sementara itu, menurut Ketua Tim Peninjau dari PT. MARS Indonesia Alfian, kondisi pH sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan kakao, sehingga perlu dilakukan pengukuran pH tanah untuk melihat kecocokan kakao dengan pH tanahnya. 

 

"Dengan dilakukannya pemantauan kesesuaian lahan dan pengukuran pH tanah, hal ini merupakan langkah awal dalam pembangunan kebun sumber benih dan juga sebagai persiapan lahan untuk Mini Cocoa Academy yang akan dikelola oleh PT Mars," ujar Alfian. (rls)

Read 149 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments