05 Feb 2024

Kepala Dinas Perkebunan Terima Kunjungan Koordinator POS Sawit PPKS Sulbar

 

MAMUJU--Kepala Dinas Perkebunan Sulbar Herdin Ismail menerima kunjungan Koordinator POS (Point Offline Store) Sawit Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Sulbar Ahmad Kasim, Senin 5 Februari 2024. 

 

Kunjungannya di Kantor Dinas Perkebunan Sulbar dalam rangka silaturahmi dan perkenalan dengan Kepala Dinas Perkebunan Sulbar yang baru, sekaligus memberikan informasi terkait keberadaan outlet resmi PPKS di Sulbar. 

 

Kepala Dinas Perkebunan Sulbar Herdin Ismail menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada Koordinator POS Sawit PPKS Sulbar atas kujungannya tersebut.

 

Dalam pertemuan itu, Herdin menekankan pentingnya mencegah peredaran benih kelapa sawit ilegal di masyarakat, yakni benih kelapa sawit yang tidak memenuhi aspek legalitas, karena selain diproduksi oleh lembaga/perorangan yang tidak diakui oleh pemerintah dan tidak memenuhi syarat- syarat serta tata cara pelepasan varietas, juga tidak melalui proses sertifikasi. 

 

Menurutnya, penggunaan benih ilegal akan menghasilkan kontaminasi dura sehingga akan mengurangi produksi TBS dan CPO. 

 

"Pengguna benih ilegal akan mengurangi kesempatan untuk memperoleh pendapatan yang optimal dan biaya yang dikeluarkan sia-sia. Para pekebun akan merugi karena produksi yang dihasilkan rendah," kata Herdin.

 

Sebelumnya, di hari yang sama, Kepala UPTD BPSPMBP Dinas Perkebunan Sulbar Muhammad Fadlullah juga menerima kunjungan Koordinator POS Sawit PPKS Sulbar.

 

Kunjungannya ke UPTD selain silaturahmi juga melakukan koordinasi terkait ketersediaan benih dan potensi kebutuhan benih kelapa sawit pada program PSR dan data penyaluran kecambah kelapa sawit untuk Januari 2024 pada outlet tersebut, serta kolaborasi pengawasan peredaran benih kelapa sawit di Sulbar.

 

Dalam pertemuan itu, Koordinator POS Sawit PPKS Sulbar Ahmad Kasim juga menanyakan potensi kebutuhan benih PSR (Perkebunan Sawit Rakyat) di wilayah Sulbar untuk tahun 2024. 

 

Menanggapi hal itu, Kepala UPTD BPSPMBP Dinas Perkebunan Sulbar, Muhammad Fadlullah mengatakan, kebutuhan benih PSR pada tahun 2024 sekitar 261.000 pohon untuk luas areal 1800 hektar program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

 

Dalam kunjungan kali ini, Ahmad Kasim juga mempromosikan bibit sawit yang mereka kelola, dimana bibit tersebut sudah memiliki legalitas bibit unggul. 

 

PPKS Medan adalah salah satu produsen benih kelapa sawit yang beralamat di Medan, Sumatera Utara dan merupakan BUMN yang paling banyak mensuplai kebutuhan benih/bibit kelapa sawit pada kegiatan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Sulbar. PPKS memiliki outlet atau POS penjualan di Sulbar beralamat di Sarudu Kabupaten Pasangkayu. (rls)

Read 235 times
(1 Vote)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments