02 Feb 2024

Kepala BPSDMD Sulbar Tutup Pelatihan Dasar Manajemen Bencana

 

Mamuju - Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana di wilayah Sulawesi Barat (Sulbar), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Sulbar sukses menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Dasar Manajemen Bencana.

 

Acara ini diakhiri dengan penutupan pada Jumat 2 Februari 2024, yang dihadiri Kepala BPSDMD Sulbar, Farid Wajdi. 

 

"Program ini juga berkaitan dengan upaya Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrullah, untuk selalu siap sedia dalam menghadapi bencana, dan sekarang ini terimplementasikan dengan melaksanakan Pelatihan Dasar Manajemen Bencana," kata Farid Wajdi.

 

Pelatihan ini akan memantapkan kemampuan ASN khususnya yang terlibat langsung dalam bidang kebencanaan agar lebih dinamik dan agile. 

 

"Kita berharap setelah pelatihan ini para peserta juga tetap melakukan peningkatan kompetensi dan menyesuaikan perubahan yang ada agar tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat," tambahnya.

 

Sebab, lanjut Farid Wajdi, pelayanan tata kelola yang baik akan dilakukan para ASN yang berkompetensi.

 

"Makanya manajemen bencana adalah hal yang perlu dan dibutuhkan dalam setiap aktivitas," ujarnya.

 

Diketahui, pelatihan yang berlangsung selama 44 jam pelajaran ini dimulai pada 29 Januari hingga 2 Februari 2024. Pelatihan Dasar Manajemen Bencana ini merupakan kolaborasi antara BPSDMD Sulbar dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana (Pusdiklat PB) BNPB. 

 

Narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Marlina Adisty dan Neri Egi Rusmana, keduanya merupakan Widyaiswara dari Pusdiklat PB BNPB. Keberhasilan acara ini tercermin dari antusiasme 40 peserta yang berasal dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) provinsi dan kabupaten di Sulbar.

 

Dalam penutupan kegiatan, Kepala BPSDMD Sulbar menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pelatihan itu. Dia menekankan pentingnya pemahaman masyarakat tentang manajemen bencana sebagai langkah strategis dalam mengurangi dampak bencana dan melindungi nyawa serta harta benda.

 

Acara penutupan ini diakhiri dengan foto bersama sebagai tanda partisipasi dalam mengikuti kegiatan Pelatihan Dasar Manajemen Bencana. 

 

"Semoga ilmu yang didapatkan melalui kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta," harapnya. (rls)

Read 156 times Last modified on Jumat, 02 Februari 2024 15:19
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments