28 Nov 2023

Tim Desk Pemilukada Serentak dan Pemilu 2024, Sekprov Sulbar: Semua Stokeholder Ikut Andil Sukseskan Pemilu

 

MAMUJU - Pemprov Sulbar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulbar melaksanakan rapat teknis pelaksanaan desk Pemilukada serentak dan tahapan Pemilihan umum di Hotel Berkah, Selasa 28 November 2023.

 

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris mengatakan Pemilu bisa menjadi pemersatu karena tanpa Indonesia bisa tercerai berai disebabkan pandangan politik berbeda-beda.

 

"Makanya dengan adanya pemilu perbedaan politik bisa menyatu dalam bingkai negara republik Indonesia," kata Idris.

 

Adapun, desk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah mempunyai tugas seperti mengoordinasikan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di 6 (Enam) Kabupaten dalam Wilayah Provinsi Sulawesi Barat yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah Serentak pada bulan September 2024.

 

"Kedua, melakukan pemantauan pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun2023-2024, menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah, hingga memberikan saran dalam penyelesaian Permasalahan permasalahan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah," tambahnya.

 

Termasuk, melaporkan informasi mengenai permasalahan dan perkembangan persiapan serta pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah secara berjenjang kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sulawesi Barat.

 

"Tujuannya untuk mempermudah kelancaran komunikasi antara Desk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Kementerian Dalam Negeri dengan Desk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi/ Kabupaten dibentuk Sekretariat Desk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Sulawesi Barat yang bertanggung jawab untuk mengelola dan menyajikan berbagai data terkait penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah serentak 6 (enam) Kabupaten dalam Wilayah Provinsi Sulawesi Barat," ujarnya.

 

Sedangkan, Plt kepala Kesbangpol Sulbar Muhammad Yusuf Tahir mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dari semua instansi terkait dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

 

"Bagaimana tim desk bekerja memberikan dukungan terhadap penyelenggara baik itu KPU, Bawaslu hingga aparat keamanan," ucapnya.

 

Dia berharap dengan adanya tim desk pelaksanaan Pemilukada dan Pemilu 2024 berjalan lancar dan aman.

 

"Komitmen kita bangun agar semua tim di dalam desk ini bekerja maksimal. Karena semua tim dari berbagai unsur instansi seperti Kepolisian, Bawaslu, KPU dan instansi lainnya," paparnya.(rls)

Read 494 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments