18 Mei 2022

Silaturahmi Ke DPRD Sulbar, Akmal tekankan Data Adalah Hal Utama Dalam Pembangunan Daerah

 

Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Akmal Malik bersama Sekprov Sulbar, Muhammad Idris, melakukan kunjungan silaturahmi ke Pimpinan dan Anggota DPRD Sulbar, Rabu 18 Mei 2022.

Kedatangan Pj Gubernur Sulbar disambut oleh Wakil Ketua I DPRD Sulbar, Usman Suhuriah, Wakil Ketua II Abdul Halim dan Wakil Ketua III Abdul Rahim serta Anggota DPRD Sulbar, di Rumah Aspirasi DPRD Sulbar.

Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik, pada kesempatan itu mengatakan, menjadi suatu kehormatan baginya bisa bersilaturahmi langsung dengan Pimpinan dan juga Anggota DPRD Sulbar lainnya.

Dia menuturkan, kehadirannya di Sulbar adalah untuk mengisi kekosongan sementara, transisi penyelenggaraan pemerintah daerah di Sulbar. Dalam masa jabatannya itu, ada evaluasi pertiga bulan, jika hasil evaluasinya dinilai tidak meyakinkan, maka dirinya siap ditarik kembali.

"Kita hanya akan melanjutkan hal-hal bagus yang sudah dilakukan teman-teman penyelenggara sebelumnya, kita tidak menafikan aktor-aktor penyelenggaraan pemerintahan sebelumnya, baik gubernur ataupun DPRD sudah banyak melakukan hal-hal yang baik,"kata Akmal

Akmal menjelaskan alasan mengapa Ia langsung ingin bertemu dengan Pimpinan dan Anggota DPRD Sulbar. Menurutnya, hal itu sejalan dengan konteks penugasan pemerintahan, berarti rujukannya adalah pasal 1 huruf 3 UU No. 23 tahun 2014, bahwasanya penyelenggaraan pemerintahan daerah itu adalah pemerintah dan DPRD yang ditugaskan untuk melaksanakan urusan-urusan pemerintahan.

"Mengapa saya langsung ingin bertemu dengan mitra strategis saya yaitu DPRD karena keberhasilan penyelenggaraan itu tergantung kepada aktor dibaliknya. Makanya saya ingin melihat mitra kita dulu yang akan menjadi penyelenggara bersama dalam urusan pemerintahan dan sekaligus untuk saling memperkenalkan diri,"tuturnya

Pada momen itu Ia menekankan agar data menjadi hal utama dalam pembangunan daerah. Data menjadi poin penting dalam pertemuan tersebut. 

“Saya mohon dukungan, saya ingin membangun harmonisasi dengan penguatan data, sehingga dalam mengkritik kita berpedoman pada data. Kita ingin menyinkronkan data desa, data kabupaten, sehingga pembangunan bisa terbangun dengan baik. Kita ingin menjadikan Sulbar sebagai percontohan, tempat pilot project data dasar penyelenggaraan daerah dengan data desa yang presisi,”ucapnya

Wakil Ketua I DPRD Sulbar, Usman Suhuriah mengatakan, kegiatan itu merupakan silaturahmi pertama DPRD dengan Pj Gubernur Sulbar. Untuk itu, Ia berharap kedepan komunikasi yang terjalin antara DPRD bersama jajaran Pemprov Sulbar bisa semakin baik, terutama dalam membangun daerah.

"Kita akan mengambil momentum pertama ini, yang diibaratkan seperti sentuhan pengantin baru di malam pertama, kalau sentuhan pertama itu biasanya akan menentukan proses-proses selanjutnya,"tutur Usman (Ayu)

Read 169 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments