05 Mar 2022

Gubernur Sulbar : Petani Harus Jual Getah Pinus Ke PT. KHBL

 

Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) bersama Tim Sekretariat Kepresidenan RI melakukan peninjauan ke PT. KHBL (Kencana Hijau Bina Lestari)/Pabrik Getah Pinus di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Jum'at, 04 Maret 2022.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, pada kesempatan itu menekankan diperlukan pengawasan yang ketat dari pihak Dinas Kehutanan Sulbar, agar masyarakat petani pinus sekitar tidak menyalahgunakan hak guna usaha hutan lindung yang saat ini dikelola masyarakat. 

Dia menuturkan, berdasarkan informasi dari pihak perusahaan, jumlah pasokan getah pinus dari para petani mengalami penurunan, sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi jumlah ekspor keluar daerah. 

"Para petani pinus di Sulbar khususnya di Kabupaten Mamasa dan Polman harus menjual hasil pertaniannya ke PT. KHBL. Itu harus dilakukan demi memajukan perekonomian Sulbar,"tandasnya 

Selain ke PT. KHBL, Gubernur bersama Tim Sekretariat Kepresidenan RI juga meninjau sejumlah titik lokasi diantaranya, Bandara Sumarorong, proyek pembangunan jalan yang bersumber dari dana PEN (Ruas Jalan Tabone-Nosu) Kabupaten Mamasa, Tanjung Silopo, dan UPTD Balai Benih di Polman.

Peninjauan kesejumlah titik lokasi tersebut merupakan pengecekan lapangan yang bakal dikunjungi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya di Sulbar, yang diagendakan pada April mendatang. 

"Presiden RI Joko Widodo diagendakan melakukan kunjungan kerja di Sulbar pada April mendatang,"kata Joko Purwanto, Staf Ahli Tata Negara Sekretariat Presiden RI

Disebutkan, Presiden bakal meresmikan sejumlah proyek APBN, APBD maupun yang dilaksanakan Swasta. Itu sebabnya, lanjut Joko, ia bersama tim melakukan peninjauan proyek-proyek dimaksud.

"Itu dilakukan guna memastikan kelayakan proyek tersebut untuk ditinjau Presiden nantinya,"ungkapnya

Setelah melakukan pengecekan lapangan, Joko mengapresiasi sejumlah proyek yang menjadi sasaran. Sasaran dimaksud adalah proyek pembangunan jalan yang bersumber dari dana PEN, Tanjung Silopo, Pabrik Getah Pinus, dan UPTD Balai Benih di Polman.

Joko menilai Sulbar di bawah kepemimpinan Ali Baal Masdar bersama Enny Anggraeni Anwar, selaku Gubernur dan Wakil Gubernur, telah mampu meningkatkan pembangunan di daerah ini. 

“Dari hasil kunjungan, saya memberi tanggapan sangat luar biasa. Saya apresiasi bahwa pak gubernur memimpin Sulbar cukup bagus, cukup berkembang, dan respek terhadap harapan masyarakat,”ujar Joko

 

Dia berkomitmen memberikan dorongan fasilitator untuk sejumlah program di Sulbar agar bisa berkembang lebih baik. 

“Ini akan saya sampaikan ke presiden, dan akan melakukan kunjungan ke Sulbar bulan depan,”bebernya

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan, sejumlah titik telah dikunjungi bersama Tim Sekretariat Kepresidenan RI. Hal itu sebagai bahan laporan kepada presiden sekaligus menjadi gambaran situasi pembangunan di Sulbar saat ini. 

“Ini nanti akan dilaporkan, dan kita berharap dukungan dari pemerintah pusat untuk mendukung pembangunan di Sulbar,”ujar Ali Baal

Sejumlah titik menjadi sasaran peninjauan gubernur bersama Tim Sekretariat Kepresidenan RI bakal berlangsung selama tiga hari. (farid)

Read 1332 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments