01 Feb 2022

Nama Andi Depu Diusulkan Jadi Nama Bandara Tampa Padang Mamuju

 

Pemprov Sulbar bersama Pemkab Mamuju menggelar Rapat Koordinasi (rakor) Pengusulan Perubahan Nama Bandar Udara (Bandara) Tampa Padang Mamuju, Senin 31 Januari 2022, di Rujab Sekprov Sulbar.

Rakor dipimpin Sekprov Sulbar Muhammad Idris dan dihadiri Sekkab Mamuju Suaib, serta Pimpinan OPD terkait baik dari lingkup Pemprov Sulbar maupun kabupaten Mamuju.

Dalam rakor tersebut, telah menyetujui dan menetapkan perubahan nama Bandara Tampa Padang Mamuju menjadi Bandara Andi Depu Tampa Padang Mamuju. 

Sekprov Sulbar Muhammad Idris menjelaskan, perubahan nama bandara tersebut sudah di diskusikan untuk memperkuat dokumen sebelumnya yang juga sudah dibahas, karena kita semua butuh percepatan memiliki final nama paten untuk dijadikan sebagai nama bandara.

"Sebetulnya, pertemuan hari ini adalah bagaimana melakukan pengecekan administrasi supaya memenuhi harapan baik pemerintah pusat, Kementerian Perhubungan yang memang kita minta mempercepat perubahan nama itu maupun dari kita. Dan nama yang diusulkan itu adalah Bandara Andi Depu Tampa Padang Mamuju dan yang meminta untuk penamaan bandara ini adalah berasal dari pusat,"terang Idris

"Jadi bukan hanya Tahun 2015, bahkan sejak daerah ini dicanangkan menjadi provinsi. Tahun 2015 itu salah satu bagian dari seminar untuk mempertajam perubahan nama Tampa Padang ke nama yang lain dan akhirnya Alhamdulillah kita sepakati. Pejuang nasional kita kan satu-satunya di Sulbar itu adalah Ibu Agung Hajjah Andi Depu yang menjadi tokoh nasional kita dan akhirnya kita abadikan namanya di dalam bandara,"sambungnya

Dia mengatakan, finalisasi nama bandara itu harus di SKkan oleh Kementerian Perhubungan, sehingga untuk mendapatkan SK itu tidak mungkin ada prosedur yang dilewati termasuk bagaimana mengakomodasi berbagai macam kebutuhan dan kepentingan daerah.

Idris juga menjelaskan, secara legalitas namanya adalah Tampa Padang, tapi yang diinginkan bersama adalah supaya nama tersebut bisa di Paripurnakan berdasarkan semangat yang di miliki satu Sulbar, bukan hanya satu tempat.

"Kita juga akan kembali lagi melakukan koordinasi ke Ibu Bupati Mamuju untuk mendapatkan dukungan penuh. Dan secepatnya hari ini kita akan ke pak gubernur untuk menyampaikan hasil diskusi hari ini. Jadi besok atau lusa kita sudah bisa diskusi-diskusi dengan DPRD mengenai permasalahan ini, tidak perlu diperpanjanglah ini kalau kita sudah sepakat dan akhirnya juga semua kepentingan di dalamnya bisa terakomodasi,"ucapnya

Terkait uji publik, Idris menyatakan, dalam hal itu semua pihak juga sudah turut dilibatkan. Walaupun demikian, nantinya juga akan tetap memberikan lagi ruang bagi publik untuk membicarakan hal-hal yang dianggap substansi terkait dengan penamaan itu. 

Menanggapi adanya isu yang beredar di masyarakat mengenai pembebasan lahan yang belum rampung. Ia mengatakan, bahwasanya perspektif tersebut muncul dari orang-orang yang belum melihat dengan jelas. Tapi jika melihat pada dokumen-dokumen yang ada, semua yang berkaitan dengan jalanan masuk itu semuanya telah dibayarkan. (Ayu)

Read 889 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments