18 Des 2020

Pemprov Sulbar Dukung Program KBLBB

 

Kominfo Sulbar -- Sekprov Sulbar Muhammad Idris, mengikuti acara Public Launching Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Video Converence di Ruang Oval Lantai 3 Kantor Gubernur Sulbar, Kamis 17 Desember 2020.

KBLBB merupakan program yang bertujuan  mengurangi ketergantungan impor bahan bakar minyak dan meningkatkan ketahanan energi nasional.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, saat ini konsumsi BBM Indonesia sekitar 1,2 juta barel per hari, yang sebagian besar dipasok dari impor. 

"Jadi, dengan adanya pertumbuhan kendaraan bermotor yang tinggi, ketergantungan pada BBM impor akan terus meningkat,"ucap Arifin

Olehnya itu, sambung Arifin, diperlukan penggunaan sumber energi lokal terutama energi baru terbarukan dan gas, yang digunakan untuk pembangkit listrik sebagai penyedia listrik bagi KBLBB, sehingga dapat meningkatkan kualitas udara dan mendukung pencapaian target pengurangan emisi gas rumah kaca nasional.

Arifin menuturkan, Indonesia memiliki potensi untuk membuat kendaraan listrik karena teknologi dan komponen yang digunakan lebih sederhana daripada kendaraan konvensional. Hal ini merupakan kesempatan besar bagi industri otomotif di dalam negeri.

Selain itu, juga memiliki potensi kemampuan dalam negeri untuk memproduksi baterai dengan didukung potensi tambang mineral nikel yang cukup besar sebagai bahan baku.

Menanggapi dilaunchingnya KBLBB, Sekprov Sulbar, Muhammad Idris mengatakan, Pemprov Sulbar mendukung dan memastikan akan mendorong pelaksanaan program tersebut di Sulbar.

"Nah di Sulbar kita akan mengidentifikasi, berapa besar kebutuhan kita untuk kendaraan listrik dalam kota, khususnya untuk kendaraan roda dua dan empat lainnya. Itu kira-kira yang akan kita lakukan dan kita pasti akan mendorong ke hal itu,"tutur Idris. (Ayu)

 

Read 420 times
(0 votes)