18 Agu 2020

Idris : Manfaatkan Momen Kemerdekaan Membangun Jiwa Nasionalisme

 

Kominfo Sulbar -- Upacara detik-detik proklamasi secara nasional tersebut dipusatkan di Istana Merdeka, yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo selaku Inspektur Upacara (Irup), sementara Ketua MPR Bambang Soesatyo didaulat sebagai pembaca teks proklamasi dan Menteri Agama Fachrul Razi selaku pembaca doa.

Di Sulbar, peringatan upacara detik-detik Proklamasi dari Istana negara diikuti secara virtual dari ruang Auditorium Lantai 4 Senin, 17 Agustus 2020. Diikuti Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar bersama anggota DPR RI dapil Sulbar yang juga merupakan Ketua TP PKK Sulbar, Ny. Hj. Andi Ruskati  Ali Baal, Ketua DPRD Sulbar St. Suraidah Suhardi , unsur forkopimda, Sekprov Sulbar Muhammad Idris, Ketua DWP Sulbar, Ny. Hj.Kartini Hanafi Idris, pimpinan OPD , instansi vertikal lainnya.

Usai upacara, Sekprov Sulbar Muhammad Idris, mengatakan, meskipun pelaksanaan upacara  berbeda pada tahun-tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19, sebagai warga Negara Indonesia terkhususnya di Sulbar, harus senantiasa memanfaatkan momentum itu sebagai semangat dalam membangun jiwa nasionalisme dan menjadikan moment tersebut untuk bertransformasi.

"Kita telah mengikuti upacara secara nasional yang belum pernah terjadi selama Indonesia merdeka dari sabang sampai merauke dengan cara berjauhan diikat dengan virtual yang luar biasa. Karena ini momentum, jadi yang dipupuk adalah nasionalisme semangat kebangsaan dan kesatuan,"ucap Idris 

Menurut Idris, tidak ada kemajuan sebuah negara tanpa ada semangat nasionalisme yang timbul. 

"Tidak mungkin bisa mencapai derajat-derajat yang sama dengan negara maju, tanpa ada semangat dan spirit nasionalisme tersebut."pungkas Idris

Melalui kesempatan itu, Idris mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memaknai momentum hari kemerdekaan sebagai prasyarat untuk membangun potensi masing-masing.

"Sulbar tidak akan mungkin maju tanpa memaknai kemerdekaan ini, oleh siapapun termasuk juga pemerintah daerah yang harus bahu membahu melihat peluang-peluang yang ada, memperbaiki kelemahan yang terjadi dan sekaligus kita siap melakukan pembangunan,"tandasnya

Turut hadir dalam kegiatan itu, Anggota DPR RI Dapil Sulbar Ny. Andi Ruskati Ali Baal yang juga Ketua TP. PKK Sulbar, Ketua DWP Sulbar,Ny. Kartini Hanafi Idris, Unsur Forkopimda dan Pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulbar, serta undangan lainnya. (ayu)

 

Read 490 times Last modified on Selasa, 18 Agustus 2020 13:12
(0 votes)