23 Agu 2019

Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Sulbar Gelar Rapat Koordinasi Sinkronisasi Data Statistik Sektoral Se Sulbar

Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Sulbar mengggelar acara Rapat Koordinasi Sinkronisasi Data Statistik Sektoral Se Sulbar, yang digelar pada hari Rabu 21 Agustus 2019 di Mamuju.

 Acara ini dibuka oleh Kadis Kominfo Persandian dan Statistik Sulbar Drs Muzakkir Kulasse yang didampingi Sekdis kominfo DR Andi Yasin Msi sekaligus sebagai pemateri. Sedangkan Ir Almes Amedian JM,MM sebagai moderator didampingi Hj Aristiani Maulana Se MSi dan M Taufik TH.S Kom. 

Sedangkan Prayitno Kepala Bidang IPDS (BPS Sulbar) sebagai pemateri serta Misnawati Mansur S.ST,MM dan Kepala seksi Diseminiasi Dan layanan Statistik (BPS Sulbar).

 Pada sambutan kadis Kominfo, Muzakkir menuturkan bahwa dalam penyusunan data statistik sektoral diperlukan adanya sinkronisasi data antara opd satu dengan opd yang lain, agar menjadi pedoman dalam penyusunan data statistik sektoral untuk mencapai kesesuaian data.

"Untuk penetapan pedoman standar dan mendata baku ditetapkan oleh kepala instansi pemerintah sesuai tugas dan fungsinya dalam peraturan perundang undangan dengan merujuk pada metadata baku yang ditetapkan oleh pembina data,ujar Muzakkir. 

Masih katanya, bahwa untuk penyusunan data statistik sektoral dapat melalui metode kompilasi data admnistasi. 

"Untuk metode pengumpulan data ,pengelolahan,penyajian dan analisis data yang didasarkan pada catatan administrasi yang ada pada pemerintah dan masyarakat,ungkap mantan Sekwan DPR Sulbar ini.

Pada kesempatan lainnya Sekdis Andi Yasin menjelaskan tentang statistik bereperan dalam sistem perencanaan, monitoring dan evaluasi serta statistik berperan dalam akuntabilitas negara.

"Penyedian dan pengumpulan data sektoral untuk kebutuhan bank data masih banyak kesulitan dan kendala dan belum ada standar yang jelas data sektoral yang dibutuhkan, begitu juga dengan instrumen yng digunakan dalam pengumpulan dan masih ditemukan data-data yang tidak konsisten antara angka provinsi dengan penjumlahan data dari seluruh kabupaten yang ada, Ujarnya.

Statistik Sektoral forum data perlu diaktifkan bersama dengan dukungan kepala daerah serta Sekda dengan upaya yang nyata dan melalui forum data diperlukan menetapkan indikator yang perlu dikumpulkan dan dapat dilakukan rekonsiliasi data secara bertahap dan melalui forum data perlu meningkatkan kesadaran kebutuhan akan data sektoral yang berkualitas.



 . 

Read 868 times Last modified on Senin, 26 Agustus 2019 21:08
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments