20 Sep 2018

Pemilu 2019 Diharapkan Berjalan Aman dan Lancar

Dalam rangka mengamankan pemilihan umum tahun 2019, Kepolisian Republik Indonesia, menggelar Apel Pasukan Kepolisian terpusat Mantap Brata 2018 yang melibatkan 272.886 personilnya.  Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar menyampaikan, pemilihan umun tahun 2019 diharapkan dapat berjalan aman dan lancar dikarena pemilihan tersebut baru dilakukan secara serentak. Para pimpinan pemerintah hendaknya memberi contoh yang baik kepada para ASN dan tidak melakukan kampanye hitam yang dapat memicu keributan dikalangan masyarakat. “ Kami pemerintah provinsi, bersama TNI , polri dan masyarakat siap mengamankan dan mendukung dan menyukseskan pemilu 2019 ini,” ungkap Ali Baal Masdar pada acara Apel Pasukan Keplisian Mantap Brata 2018 di Lapangan Ahmad Kirang Mamuju, Rabu, 19 September 2018.

 

Kapolda Sulbar, Brigjen Pol. Baharuddin Djafar, menyampaikan, dalam pelaksanaan operasi ini, Polri dibantu unsur TNI dan stakeholder terkait lainnya. Operasi kepolisian terpusat akan dilaksanakan selama 397 hari terhitung dari tanggal 20 September 2018 hingga 21 Oktober 2019 di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan 272.886 personil polri.

 

“Apel gelar pasukan tersebut diselenggarakan di seluruh jajaran dengan tujuan mengecek kesiapan personil, sarana dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan pemilihan umum legislatif dan pemilihan priseden serta wakil presiden di tahun 2019,”kata Baharuddin.
Lebih lanjut disampaikan, pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, dikarenakan untuk yang pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak dengan ambang batas Parlemen/Parliamentary Threshold sebesar 4 persen, kondisi tersebut akan menuntut adanya upaya maksimal dari masing-masing partai politik dalam berkopetensi secara ketat untuk meraih suara sebanyak-banyaknya. “ Saya tekankan bahwa polri berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelengaraan pemilu tahun 2019 agar dapat berjalan dengan aman lancar dan damai,” tandasnya

Read 776 times
(0 votes)