20 Sep 2018

Ali Baal Masdar Resmi Membuka Pelatihan Teknis Penyelenggaraan Reforma Agraria

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar   membuka Pelatihan Teknis Penyelenggaraan Reforma Agraria  di Hotel Maleo, Senin, 17 September 2018. Kegiatan tersebut diikuti oleh jajaran Bidang penataan Agraria Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Barat dan Tim pelaksanaan reforma agraria lingkungan  Pemerintahan Daerah yang termasuk dalam gugus tugas pelaksana harian. Waktu pelaksanaan selama  empat hari mulai 17 September – 20 september 2018.

Pada sambutan Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar  menyampaikan, pelatihan reforma agraria  merupakan kelanjutan dari  rapat koordinator gugus tugas Reforma Agraria yang salah satu pelaksanaan dari keputusan Gubernur tentang  gugus tugas reforma agraria  Provinsi Sulawesi Barat. “ Reforma agraria merupakan salah satu cita-cita Pemerintah, sebagaimana yang terdapat dalam Nawacita Presiden RI dan telah menjadi program prioritas nasional.

Pelaksanaan reforma agraria perlu ditangani seoptimal mungkin oleh segenap jajaran Kementerian Agraria dan tata ruang/Badan Pertanahan Nasional dipusat maupun daerah. Karena itu, diperlukan keterlibatan seluruh sumber daya secara optimal dalam rangka mendukung tercapainya tujuan reforma agraria,” kata Ali Baal Masdar. Masih kata ABM,   terselenggaranya aset reforma dan akses reforma agraria meliputi  lima agenda utama dalam pelaksanaan program agraria,  yaitu penguatan kerangka regulasi dan penyelesaian konflik agraria, penataan penguasaan dan pemilik tanah objek reforma agraria, kepastian hukum dan legislatif aset atas tanah objek reforma agraria, pemberdayaan masyarakat dalam penggunaan, pemanfaatan dan penguasaan objek reforma agraria serta kelembagaan pelaksanaan reforma agraria pusat dan daerah. Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulbar, Izda Putra menjelaskan,   reforma agraria merupakan salah satu cita-cita pemerintah sebagaimana yang terdapat dalam nawacita dan telah menjadi program prioritas nasional sesuai dengan amanat RPJMN 2014-2019.    “Pelaksanaan Reforma Agraria perlu ditangani dengan seoptimal mungkin oleh segenap jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional di Pusat dan Daerah. Karena itu diperlukan keterlibatan seluruh sumberdaya secara optimal dalam rangka mendukung tercapainya tujuan reforma agrarian,Kata Izda Putra.

 Maksud dan tujuan pelaksanaan pelatihan teknis penyelenggaraan reforma agraria ini yaitu menyampaikan tata cara kerja tim gugus tugas refroma agraria kepada para pelaksana di daerah.  Selain Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulbar, Izda Putra juga turut hadir para Peserta pelatihan teknis penyelenggaraan Reforma Agraria ini sebanyak 59 orang yang terdiri dari Tim pelaksana Gugus tugas Reforma Agraria, Tim kerja gugus tugas Reforma Agraria, para Kepala Kantor Pertanahan beserta Kepala Seksi penataan Pertanahan se Provinsi Sulawesi Barat, dan Konsultan Gugus tugas Reforma Agraria.

Read 1225 times
(0 votes)