20 Agu 2022

Mantapkan Festival Sandeq, Akmal Harap Panitia Maksimalkan Koordinasi Dengan Kabupaten.

 

MAMUJU--Pemprov Sulbar kembali melakukan rapat bersama Panitia Festival Sandeq, melalui zoom meeting, Jumat 19 Agustus 2022. 

Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar Akmal Malik berharap pekan ini sudah harus jelas kegiatan yang akan dilaksanakan di setiap etape. 

"Saya minta panitia mulai hitung mundur, apa yang dikerjakan, dimana, kapan waktunya dilakukan dan identifikasi masalah dan bagaimana menyelesaikan masalah," ujar Akmal. 

Dia pun berharap dukungan dari berbagai pihak demi mensukseskan pelaksanaan Festival Sandeq, mulai 30 Agustus hingga 9 September.

Termasuk dukungan dari tiga kabupaten lainnya, Akmal meminta Mamasa, Mamuju Tengah dan Pasangkayu turut berpartisipasi menyukseskan Festival Sandeq dengan bergabung di Kabupaten yang akan menjadi lintasan Festival Sandeq. 

Diketahui pelaksanaan Festival Sandeq dirangkaikan dengan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Kalimantan Timur. Untuk itu pada rapat kemarin juga berkoordinasi dengan panitia di Balikpapan. 

Sementara untuk pelaksanaan di setiap etape dari Tanjung Silopo Polman hingga Mamuju.

Ketua Panitia Tim Teknis Agusnia Hasan Sulur menyampaikan pihaknya sudah melakukan berkoordinasi dengan tiga kabupaten. Demikian setiap kabupaten melaporkan telah mempersiapkan kegiatan festival dengan melibatkan setiap unsur pemerintahan dari tingkat desa hingga kecamatan. 

"Seperti di Polman, rencananya akan dilakukan pembersihan area Tanjung Silopo dan melakukan rapat bersama dengan para Kepala Desa," pungkasnya. 

Begitupun di Majene, Wakil Bupati Majene Arismunandar mengaku sudah melakukan rapat bersama dengan para kades dan camat serta pegiat literasi dan budaya. 

"Kami sudah lakukan rapat dan sudah mempersiapkan kegiatan di tiga etape, Somba Deking, dan Banggae," ujar Arismunandar. 

Sekda Majene Ardiansyah menambahkan, salah satu etape nantinya bakal digelar pesta rakyat . 

"Semua masyarakat menyiapkan konsumsi dan setiap Passandeq," pungkasnya. 

Di Mamuju, acara Festival penyambutan dan pelepasan Festival Sandeq juga dipersiapkan. Untuk acara festival bakal dipusatkan di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju. (rls)

Read 337 times
(0 votes)